Sukses

Komisi III DPR Harap Jokowi Segera Lantik Badrodin Jadi Kapolri

Wakil Ketua DPR Fadli Zon berharap Polri makin baik di bawah kepemimpinan Badrodin Haiti.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR secara aklamasi mendukung Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti menjadi Kapolri dalam proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Mereka berharap, surat persetujuan Badrodin dapat diserahkan hari ini kepada Presiden Jokowi guna mempercepat proses pelantikan.

"Fit and proper test telah dilaksanakan. Dalam paripurna hari ini kalau bisa selesai untuk memberi persetujuan, dan Pimpinan DPR langsung kirim surat ke presiden, dan presiden bisa langsung melantik," kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin ‎di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Wakil Ketua DPR Fadli Zon juga mengapresiasi proses uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri yang dilaksanakan relatif cepat oleh Komisi III DPR.

"Menurut saya sudah sesuai aturan. Saya kira memang Pak Badrodin adalah orang yang sangat kompeten dan juga profesional untuk memimpin institusi Polri," ujar dia.

Politisi Partai Gerindra ini berharap, Polri makin baik di bawah kepemimpinan Badrodin. Jenderal Bintang 3 itu diharapkan mampu melayani masyarakat dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Dia menerangkan, proses selanjutnya adalah membawa hasil fit and proper test ke paripurna DPR yang akan berlangsung sore ini juga.

"Nanti sore rapat paripurna sekitar jam 3 mungkin lewat sedikit lah menunggu anggota hadir," tandas Fadli Zon.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri yang dilangsungkan pagi tadi, puluhan perwira menengah (Pamen) dan perwira tinggi (Pati) Polri turut mendampingi Badrodin Haiti di DPR.

Di antaranya Kabaharkam Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso, Irwasum Komjen Pol Dwi Prayitno. Sementara Komjen Budi Gunawan yang sebelumnya menjadi calon Kapolri tidak hadir. Meski demikian, sejumlah perwira yang menjadi pendamping Budi Gunawan ketika menjalani fit and proper test turut hadir mendamping Badrodin. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini