Sukses

Setuju Badrodin Haiti Jadi Kapolri, DPR Gelar Paripurna Sore Ini

Menurut Badrodin Haiti, Komisi III akan mempercepat paripurna dan menyampaikan kepada pimpinan DPR agar pengesahannya menjadi sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR secara aklamasi telah menyatakan dukungannya terhadap Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti menjadi Kapolri saat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di ruang rapat Nusantara II, Gedung Parlemen, Jakarta, hari ini.

Usai uji kepatutan dan kelayakan tersebut, Badrodin mengemukakan, Komisi III akan mempercepat paripurna dan menyampaikan kepada pimpinan DPR agar pengesahannya menjadi sore ini.

"Sudah secara aklamasi seluruh fraksi di Komisi III menyetujui saya sebagai Kapolri, dan insya Allah akan dilanjutkan ke sidang paripurna sore ini pukul 15.00 WIB," kata Badrodin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Senada dengan Badrodin, Wakil Ketua Komisi III Desmon J Mahesa menyatakan, Komisi III memutuskan mempercepat proses uji kepatutan ini dengan pertimbangan Konferensi Asia-Afrika yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung, Senin pekan depan.

"Pada prinsipnya tidak ada masalah. Inilah yang membuat kami mempercepat proses. Makanya kita sudah panggil PPATK (Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Ternyata tidak banyak keberatan," ujar Desmon.

Usai uji kepatutan tersebut, imbuh Desmon, Komisi III meneruskannya dengan mengirimkan surat kepada pimpinan DPR. Setelah itu akan dibahas dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk diteruskan ke paripurna.

Desmon berharap hari ini DPR bisa mengesahkan pencalonan Badrodin Haiti dan Presiden Joko Widodo bisa melantiknya pada Jumat 17 April 2015.

"Dan Senin pada saat ada Konferensi Asia-Afrika Indonesia sudah ada Kapolri," pungkas politisi Partai Gerindra tersebut. (Ans/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.