Sukses

Jatuh di Hadapan Jokowi, Prajurit TNI Luka Serius

Personel TNI yang tengah melakukan atraksi penanggulangan aksi teroris di hadapan Presiden Jokowi terjatuh dari atas gedung.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden tak diharapkan terjadi ‎saat ‎apel kebesaran dan pengangkatan Presiden Jokowi sebagai warga kehormatan Pasukan khusus TNI di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Satu prajurit TNI, yang tengah melakukan atraksi penanggulangan aksi teroris di hadapan Presiden Jokowi, Panglima TNI dan para menteri Kabinet Kerja, terjatuh dari atas gedung.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengungkapkan, prajurit TNI yang terjatuh dalam atraksi ‎penanggulangan aksi teroris ‎itu berasal dari  Detasemen Jala Mengkara (Denjaka).

"Itu dari Denjaka," ujar Manahan saat dikonfirmasi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2015).

Menurut Manahan, korban mengalami luka-luka yang cukup serius usai terjatuh dari tali penahan yang menggantung tubuhnya di ketinggian sekitar 5 meter.

Setelah insiden tersebut, tim kesehatan dari Mabes TNI pun langsung bergerak cepat mengevakuasi anggota tersebut untuk mendapatkan pengobatan.

"Kondisinya agak serius. Langsung dilarikan ke Rumah Sakit Mintohardjo," kata Manahan. ‎

‎Pantauan Liputan6.com, insiden jatuhnya anggota TNI bermula saat puluhan prajurit tergabung dalam ‎Pasukan Penanggulangan Teror TNI‎ melakukan aksi penanganan terorisme.

Peragaan tersebut bercerita mengenai operasi pembebasan tokoh penting yang disandera di sebuah gedung oleh kelompok teroris.

Usai sekelompok anggota TNI tersebut turun dari 2 helikopter, mereka pun langsung melakukan aksi penyergapan dan merangsek ke dalam gedung melalui atap, dengan cara bergantungan di gedung setinggi 15 meter menggunakan tali pengait.

Rencananya, pasukan akan masuk ke dalam gedung melalui kaca yang berada 3 meter di bawah mereka.

‎Seorang prajurit terlihat turun dengan mulus, namun sekitar ketinggian 5 meter, tali pengait yang ada di pinggangnya tidak bisa menahan badannya. Tiba-tiba ia terjun bebas dalam posisi wajah dan badan bagian depan menghantam aspal.

Pada saat bersamaan dari arah depan tampak mobil Jeep yang mengarah ke anggota TNI tersebut dan nyaris melindas korban.

‎Melihat insiden itu, belasan anggota TNI yang berada di sekitar lokasi langsung menggotong prajurit yang jatuh itu dengan membawa tandu.

Satu unit ambulans pun langsung datang ke lokasi untuk mengevakuasi anggota TNI itu. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • F-16 Terbakar

Video Terkini