Sukses

Pembaretan Jokowi oleh Panglima TNI

Panglima TNI dan masing-masing kepala staf secara bergiliran memasangkan jaket dan baret dari tiap kesatuannya kepada Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengunjungi Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Kedatangan Jokowi dalam rangka mengikuti apel kebesaran dan pengangkatan dirinya sebagai warga kehormatan Pasukan khusus TNI.

Pantauan Liputan6.com, acara dimulai pukul 09.00 WIB, Kamis (16/4/2015) di lapangan merah Plaza Mabes TNI. Acara pengangkatan Jokowi sebagai warga kehormatan pasukan khusus TNI ini ditandai dengan pemasangan baret dan jaket Mabes TNI dan Angkatan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan para kepala staf.

Di atas podium kehormatan, Panglima TNI dan masing-masing kepala staf secara bergiliran memasangkan jaket dan baret dari tiap kesatuannya kepada Jokowi. Para kepala staf yakni KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna, KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi.

Dinas Penerangan Umum Mabes TNI dalam keterangan tertulis menyebutkan, tujuan dilakukannya apel tersebut yaitu terciptanya suasana batin yang terwujud dalam penghayatan terhadap kehidupan prajurit.

Hal ini berimplikasi pada terjaminnya hubungan emosional, sehingga Presiden RI selaku penguasa tertinggi TNI memiliki komitmen profesional terhadap institusi TNI sebagai kekuatan inti pertahanan negara.

Selain pemasangan baret dan jaket kebesaran TNI, Jokowi dan para menteri Kabient Kerja yang turut hadir dalam acara tersebut juga disuguhi atraksi terjun payung yang dilakukan oleh para penerjun Free Fall Tri Matra, Kopassus, Marinir dan Paskhas yang totalnya sebanyak 30 prajurit.

Jokowi juga menyaksikan peragaan dari Pasukan Penanggulangan Teror TNI‎ saat beraksi menangani teroris. Peragaan tersebut bercerita mengenai operasi pembebasan tokoh penting yang disandera oleh sebuah kelompok teroris.

Kegiatan ini melibatkan 6.450 personel TNI yang terdiri dari 750 personel Mabes TNI, 2.100 personel TNI AD, 2.050 personel TNI AL, dan 1.550 personel TNI AU. Alutsista yang digelar dalam apel tersebut yaitu MBT Leopard 2A7, Panser Tarantula Canon, Panser Intai Komando, Rudal Grom TNI AD, Panser APS Anoa, dan Heli Super Puma dan atraksi jet tempur Fly Pass F-16. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Pembaretan Jokowi

Video Terkini