Sukses

Jet F-16 Meledak di Halim dalam Misi Fly Pass Pembaretan Jokowi

Jet tempur F-16 milik TNI AU meledak di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (16/4/2015) pukul 08.20 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Jet tempur F-16 milik TNI AU meledak di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (16/4/2015) pukul 08.20 WIB. Pesawat dengan dengan tail number TS-1643 itu tengah dalam misi Fly Pass Pembaretan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Warga Kehormatan.

Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengungkap, akibat kecelakaan itu pesawat gagal tampil di hadapan Presiden Jokowi yang kini berada Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Jet F-16 dengan penerbang Letkol Pnb Firman itu sejatinya akan melaksanakan Fly Pass bersama 3 pesawat lainnya, yakni TS-1606 pilot Alimi, TS-1608 pilot Andri, dan TS-1610 dengan pilot Gigih.

"Pesawat akan melaksanakan misi Fly Pass pembaretan presiden Joko Widodo dengan rute Halim-Mabes TNI-Halim," kata Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (16/4/2015).

Hadi menjelaskan, pesawat awalnya akan lepas landas melalui landasan 6 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Tapi, saat berada di ujung landasan pesawat tiba-tiba saja meledak.

"Pesawat sedang persiapan take off, lalu setelah sampai di ujung landasan, pesawat tiba-tiba meledak dan terbakar. Jadi belum sempat lepas landas," lanjut dia.

Saat ini petugas di lokasi, sedang berusaha memindahkan pesawat dari landasan menuju hanggar. Sedangkan, pilot Letkol Firman dinyatakan selamat.

"Pilot berhasil keluar saat pesawat meledak. Pilot saat ini selamat," tutup Hadi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.