Sukses

KPAI: Ujian Nasional 2015 Lebih Maju dari Tahun Lalu

KPAI menyatakan mandat regulasinya memang setiap proses pembelajaran harus ada evaluasi, apapun bentuknya.

Liputan6.com, Bogor - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2015 ini berbeda dengan pelaksanaan UN tahun sebelumnya. Di mana UN saat ini bukan menjadi barometer kelulusan siswa.

Terkait dengan kebijakan Ujian Nasional yang tidak lagi menentukan kelulusan tersebut, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan UN 2015 lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya.

Dia menyatakan mandat regulasinya memang setiap proses pembelajaran harus ada evaluasi, apapun bentuknya. "Dulu UN yang menentukan kelulusan itu memang hemat KPAI ini belum tepat, karena ada beberapa dampak seperti psikologis maupun positioning masa depan siswa," jelas Susanto di Lapas Klas II Cibinong, Bogor, Rabu (15/4/2015).

UN tahun ini yang tidak menentukan kelulusan, menurut KPAI, memang relatif lebih maju ketimbang tahun lalu dari sisi konsep. "Tetapi tetap akan kita lihat hasilnya seperti apa dari hasil pantaun dan pengadauan ke KPAI seperti apa yang nantinya akan dipublikasikan," ujar dia.

Sejak dua pekan terakhir ini, lanjut Susanto, sudah banyak pengaduan yang masuk ke KPAI. Laporan terkait dengan anak-anak yang terancam tidak bisa mengikuti ujian nasional.

"Misalnya anak yang dikeluarkan, atau anak yang terkena kasus kemudian secara administratif diberhentikan oleh sekolah," bebernya.

Diharapkan nantinya ada perbaikan-perbaikan sistem pada level pendidikan bukan hanya dalam konteks evaluasi akhir pendidikan seperti UN, tetapi juga bagaimana proses layanan pendidikan itu bisa dilaksanakan secara maksimal. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini