Sukses

Ada Konferensi Asia Afrika, Car Free Day Ditiadakan 19 April

Usulan ini datang dari petugas keamanan gabungan dari Polri, TNI, dan Paspampres.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day pada 19 April 2015 bakal ditiadakan. Hal ini lantaran bertepatan dengan perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Namun pada minggu pekan depan, CFD akan kembali dilaksanakan," kata Kepala Seksi Pembina Pengguna Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Yayat Sudrajat di Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Yayat mengatakan, usulan ini datang dari petugas keamanan gabungan dari Polri, TNI, dan Paspampres. Kebijakan ini diambil tentu untuk menjamin keamanan penyelenggaraan KAA.

Dengan tidak diberlakukannya CFD, arus lalu lintas di Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman berjalan normal. Semua kendaraan bermotor bisa melintas seperti hari biasanya.

"Jadi lalu lintas di kedua jalan protokol tersebut berjalan seperti hari-hari biasa. Tapi sekali lagi ini hanya untuk hari Minggu ini saja," ujar dia.

Bagi masyarakat yang tetap ingin mengisi akhir pekan dengan berolahraga, lanjut Yayat, dapat memanfaatkan kawasan Monas dan Senayan. Kedua lokasi itu sengaja disediakan untuk warga yang tetap ingin berolahraga.

"Kita berharap masyarakat yang berolahraga tidak lagi di kawasan Sudirman dan Thamrin saat 19 April, tapi dapat di Senayan dan Monas," tutur dia.

Untuk itu Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta akan mulai menyosialisasikan kebijakan ini. Sosialisasi dilakukan dengan pemasangan spanduk, media elektronik, dan media cetak. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.