Sukses

Soal UN di SMA Yogyakarta Juga Bocor

Soal ujian khusus jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) itu menyebar di grup salah satu aplikasi pesan instan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ujian Nasional (UN) 2015 tingkat SMA di Yogyakarta juga diwarnai kebocoran soal.

Kebocoran soal dan jawaban itu terpantau di SMAN 3 Yogyakarta. Soal ujian khusus jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) itu menyebar di grup aplikasi pesan instan Line SMAN 3 Yogyakarta.

AC, siswa kelas 12 SMAN 3 Yogyakarta mengatakan, saat itu ada seorang temannya yang membagikan link berisi soal ujian UN. Link itu di-share sejak Minggu, 12 April 2015 sekitar pukul 18.22 WIB.

"Yang yang share teman, dia katanya dapat dari grup lain. Nah di situ ada 6 soal, dengan paket varian tapi hanya untuk jurusan IPA, IPS tidak ada," ujar AC saat ditemui di sekolahnya, Yogyakarta, Rabu (15/4/2015).

Hal ini juga diakui siswa lainnya. PS, siswi jurusan IPS mendapat tautan itu dari grup Line yang sama. "Saat itu memang hanya soal untuk IPA, tidak ada untuk IPS," ujar PS.

Sementara itu Kepala Sekolah Dra Dwi Rini Wulandari mengaku telah mengetahui tentang kebocoran soal ini. Dia mengaku mengetahui kabar ini dari seorang murid. Hal ini pun disayangkan oleh Rini.

"Ini juga dari Ombusmand datang ke sekolah terkait temuan ini," ujar Rini. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta belum bisa dimintai keterangan tentang kebocoran soal UN ini. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini