Sukses

Soal dan Lembar Jawaban UN Bahasa Inggris Beda, Siswa Bingung

Para guru pun lantas menyerahkan kepada siswa untuk memutuskan akan mengisi atau mengosongi jawaban soal listening tersebut.

Liputan6.com, Malang - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) paper based test (PBT) untuk mata pelajaran bahasa Inggris di Kota Malang, Jawa Timur, sempat terganggu. Ini karena ada perbedaan pada soal listening dengan lembar jawaban yang disediakan.

"Antara CD listening dengan lembar jawaban berbeda. Ini tentu membingungkan bagi siswa," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Malang, Jawa Timur, Tri Suharno di Malang, Jawa Timur, Rabu (15/4/2015).

Para guru pun lantas menyerahkan kepada siswa untuk memutuskan akan mengisi atau mengosongi jawaban soal listening tersebut. Tetapi pada berita acara UN pelajaran Bahasa Inggris dijelaskan adanya kekeliruan tersebut.

"Mau diisi atau dikosongi kami serahkan ke siswa. Mengenai kekeliruan antara soal listening dan lembar jawaban itu sudah kami sampaikan di berita acara," ucap Tri Suharno.

Di Kota Malang ada sekitar 50 SMA sederajat yang menggelar UN PBT. Sedangkan jumlah sekolah yang mengikuti UN berbasis komputer atau computer based test (CBT) sebanyak 10 SMA.

Sementara, Kepala Sub Rayon 3 SMA Kota Malang Asri Widi Apsari mengatakan, jumlah soal Bahasa Inggris untuk UN PBT sebanyak 50 soal. 15 Di antaranya adalah soal listening.

"Karena ada ketidaksamaan antara CD listening dengan lembar jawaban, kami sarankan lembar jawaban dikosongi," ujar Asri. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini