Sukses

Menanti Putra Jokowi Naik Pelaminan

Iriana Jokowi mengumumkan rencana pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan calon menantunya, Selvi Ananda, awal Juni mendatan

Liputan6.com, Solo - Iriana Jokowi tampak semringah. Istri Presiden Jokowi ini memberikan penjelasan seputar persiapan pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan calon menantunya, Selvi Ananda.

Bergaun warna oranye berpadu bawahan motif batik, Ibu Negara pun membenarkan sedang mempersiapkan pernikahan putra pertamanya tersebut dengan sang pujaan hati, Selvi Ananda.

"Kemarin saya dan keluarga Selvi sudah ada pertemuan. Pertemuan itu membicarakan pernikahan," ucap Iriana saat menggelar jumpa pers di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Selasa (14/4/2015) malam.

Jumpa pers pernikahan Gibran dan Selvi  (Foto: Reza Kuncoro)

Cah Ayu

Dengan bangga, Iriana kemudian memperkenalkan wanita berbaju putih yang dipadu kalung etnik. "Ini calon menantu saya. Kenalnya pasti saat Pak Joko jadi Walikota (Solo). Selvi ini juara pertama Putra-Putri Solo tahun 2009."

"Saat menyematkan makhota saya membatin (berucap dalam hati), cah kok ayu men (wanita ini kok cantik sekali). Ternyata, (sekarang Selvi) jadi calon mantu saya," ujar Iriana.

Mendengar uraian calon mertuanya tersebut, Selvi Ananda tampak tersenyum.

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (M. Akrom Sukarya/Bintang.com)

Iriana melanjutkan, setelah penobatan Selvi Ananda, mereka sering bertemu dengan Putri Solo 2009 tersebut.

Dan ketika ditanya sejak kapan putra sulungnya menjalin hubungan asmara, Iriana tak mengatakan. "Kan anak saya (Gibran Rakabuming Raka) waktu itu masih sekolah dan belum mikir apa-apa...Kalau sudah kerja mapan, baru mikir ke sana," tutur Iriana.

Pernikahan Awal Juni

Di awal jumpa pers yang berlangsung tak sampai 10 menit tersebut, Iriana mengungkapkan lokasi dan waktu pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

"Saya akan menikahkan anak saya, Gibran dengan Selvi. Tempatnya di Solo," ujar Iriana Jokowi.

"Undangan masih didata karena tamu, saudara, dan sahabat banyak. Jadi masih didata, jumlah tamu belum bisa dipastikan," sambung dia. Iriana mengatakan, konsep pernikahan Gibran-Selvi akan menggunakan konsep tradisional Jawa.

Kapan tepatnya hari bahagia itu akan diselenggarakan, Iriana masih merahasiakan. "Untuk waktunya, awal Juni. Untuk kepastian tanggal nanti nunggu undangan."

"Yang pastilah pakai tanggal. Semua tanggal baik, tapi kemarin sudah dibuat tanggal kesepakatan dengan keluarga Mbak Selvi," sambung dia.

Terkait lokasi pernikahan, Iriana mengatakan, pernikahan putra sulungnya dengan Juara I Putri Solo 2009 ini akan digelar di gedung milik keluarga. Begitu juga katering dan panitia, dari pihak keluarga.

"Lokasinya di gedung, ya pastinya di gedungnya sendiri. Katering sendiri, WO (wedding organizer) sendiri, semua secara sendiri, semua digarap sendiri. Semua sudah ada persiapan-persiapan menjelang hari H-nya sebulan sebelum hari H sudah (siap)," pungkas Iriana.

Mesin Ketik Antik

Namun ada hal berbeda dalam konferensi pers rencana pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda. Bukan rangkaian bunga yang dipajang di meja tempat duduk kedua calon mempelai, tapi mesin ketik lama berwarna pink atau jambon.

(Foto:Reza Kuncoro)

Mesin ketik ‎manual bermerek Underwood itu terlihat menyolok di atas meja tempat Iriana Jokowi dan calon kedua mempelai duduk. Terlebih mesin ketik portable tersebut berwarna pink atau jambon.

"Mesin ketik itu koleksi pribadi. Yang pasti ada artinya, tetapi rahasia," kata Gibran saat konferensi pers di Graha Sabha Buwana Solo, Jawa Tengah, Selasa malam 14 April 2015 malam.

Romantika Gibran-Selvi

Inilah bukti nyata bahwa jodoh memang ada di tangan Tuhan. Sebelumnya, siapa sangka pengusaha katering anak orang nomor satu di Indonesia tersebut bakal mempersunting seorang gadis yang satu kampung dengannya di Solo, Jawa Tengah. Nama Putri Solo 2009 Selvi Ananda pun mengemuka.

Gibran Rakabuming sedang melakukan persiapan pernikahan dengan Selvi Ananda Putri

(Gibran Rakabuming Raka - Selvi Ananda Putri, Foto: Bintang.com)

Kisah cinta Gibran dan Selvi Ananda berawal dari pemilihan Putra-Putri Solo (PPS) 2009. Dalam ajang tersebut, kakak dari Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep itu menjadi salah satu juri yang ikut mewawancarai Selvi -- yang akhirnya keluar sebagai pemenang setelah bersaing dengan 42 pendaftar Putri Solo lainnya.

Pemilihan Putra-Putri Solo 2009 menjadi awal perkenalan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda (Foto: Reza Kuncoro)

Kepala Bidang Pelestarian, Promosi dan Kerja Sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Budi Sartono, angkat bicara terkait profil calon menantu Jokowi itu.

"Selvi itu pantas menyandang Putri Solo. Orangnya pintar, sederhana dan attitude-nya (sikap) juga bagus. Ia mendapatkan penilaian tertinggi saat pemilihan waktu itu, " jelas Budi di Solo, Rabu 8 April.

Dengan anggunnya Putri Solo Selvi Ananda kembali menceritakan awal mula kisah cintanya dengan putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka.

Ditemani sang kekasih dan calon mertuanya Ibu Negara Iriana Jokowi, Selvi mengaku tak pernah menyangka jika pria yang dicintainya kelak bakal menjadi anak Presiden. Karena sewaktu Selvi berkenalan dengan Gibran, Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo.

"Dari dulu nggak pernah membayangkan jadi (akan menikah dengan anak Presiden) Presiden, cuma ya pasti bahagia, pasti bangga," tutur Selvi di Graha Saba, Solo, Jawa Tengah, Selasa malam 14 April 2015.

Selvi Ananda (Foto: Reza Kuncoro)

Selvi pun mengenang masa-masa awal bertemu dengan sang pujaan hati. Saat itu dia tengah mengikuti kontes Putri Solo. Namun kala itu, dia mengaku belum ada getar-getar cinta di antara keduanya.

"Waktu itu kita belum kenal. Baru kenal waktu saya jadi jadi Duta Wisata di Singapura," pungkas Selvi. Saat di Singapura itu, Gibran memang tengah menempuh studi di sana. Kebetulan putra Jokowi itu ikut membantu Selvi.

Namun ada hal lain yang membuat Selvi Ananda lebih bahagia. Bukan cuma status anak Presiden yang disandang Gibran.

"Tapi lebih bahagia lagi karena sekarang saya sudah memasuki jenjang yang lebih tinggi lagi setelah 5 tahun," pungkas gadis berambut panjang tersebut sembari melempar senyum manisnya. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.