Sukses

1 Desa di Tanah Karo Porak-poranda Dihantam Banjir Lahar Dingin

Belum usai sisa erupsi Gunung Sinabung, Desa Perbaji, Kabupaten Tanah Karo diterjang banjir lahar dingin sejak Minggu hingga Senin kemarin.

Liputan6.com, Tanah Karo - Hanya dalam sekejap Desa Perbaji, Tanah Karo, Sumatera Utara kembali porak-poranda diterjang banjir lahar dingin Minggu hingga Senin 12-13 April kemarin. Padahal desa ini belum pulih dari amukan erupsi Gunung Sinabung tahun lalu.

Akibat terjangan lahar ini, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (14/4/2015), puluhan rumah warga rusak disertai endapan lumpur yang terbawa saat banjir lahar datang. Hingga Senin siang, sisa-sisa banjir lahar masih mengalir di sekitar permukiman warga.

Banjir juga merusak jalan desa sehingga aktivitas warga terganggu. Warga berharap pemerintah peduli agar mereka tetap bisa bekerja dan bangkit dari keterpurukan akibat bencana alam.

Rangkaian erupsi dan banjir lahar yang silih berganti menghantam Kabupaten Tanah Karo membuat kehidupan warga Desa Perbaji terpuruk.

Terletak 4 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, praktis warga tidak bisa menghindar tiap kali bencana datang. Saat erupsi, sawah akan tertutup abu vulkanik. Dan saat hujan deras, sawah mereka terhantam banjir lahar. (Nfs/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.