Sukses

Jokowi Tinjau Penerbangan 3 Pesawat Tanpa Awak di Puspitek

Selain melihat penerbangan Drone Alap-alap, Jokowi juga melihat beberapa pesawat drone produksi BPPT, seperti Drone Gagak dan Belibis.

Liputan6.com, Tangerang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), di Tangerang Selatan, Banten. Dalam kunjungan ini Jokowi menyaksikan peragaan pesawat drone atau tanpa awak buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Pantauan Liputan6.com, Jokowi yang didampingi Presiden ke-3 RI BJ Habibie itu tampak serius mendengarkan penjelasan dari salah seorang pegawai Puspiptek, mengenai peragaan penerbangan drone bernama alap-alap itu. Setelah mendengar penjelasan itu, Jokowi menyaksikan penerbangan drone di sebuah lapangan take off, yang khusus diperuntukkan bagi uji coba drone.

Setelah bersiap terbang di landaskan sepanjang 200 meter itu, drone itu pun terbang dikendalikan salah seorang petugas BPPT. Pesawat tanpa awak itu sukses terbang meninggalkan landasan dan mengelilingi wilayah udara sekitar Puspiptek.

Dalam keterangan petugas Puspiptek yang disampaikan kepada Jokowi, Drone Alap-alap itu mampu terbang selama 4 jam nonstop dengan jangkauan terbang hingga 6 ribu kaki.

Selain melihat penerbangan Drone Alap-alap, Jokowi juga melihat beberapa pesawat drone produksi BPPT, seperti Drone Gagak dan Belibis. "Produk-produk ini telah dipesan Pak, oleh (Kementerian) Pertahanan dan saat ini masih sedang diproduksi," kata petugas tersebut. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.