Sukses

Menteri Puan: Pemerintah Jamin Kebutuhan Hidup Rakyat Terpenuhi

Kesejahteraan komprehensif itu akan dituangkan dalam sejumlah kegiatan.

Liputan6.com, Jakarta - Program perlindungan sosial secara komprehensif akan diterapkan pemerintahan Jokowi-JK. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, langkah ini untuk memenuhi standar kebutuhan rakyat Indonesia.

"Saat ini pemerintah berupaya memastikan terpenuhinya standar kebutuhan hidup yang berkualitas melalui program perlindungan sosial secara komprehensif," kata Puan di Jakarta, Senin (13/4/2015).

Kesejahteraan komprehensif itu akan dituangkan dalam sejumlah kegiatan. Seperti Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Sehat, dan Program Pemberdayaan Masyarakat berbasis ketahanan ekonomi rumah tangga.

Hal tersebut, imbuh Puan, adalah bagian dari langkah awal pemerintah dalam mengimplementasikan strategi pembangunan yang berpedoman pada jalan Trisakti, yaitu berdaulat dalam bidang politik, ekonomi dan budaya.

"Yang kemudian dijabarkan ke dalam sembilan agenda strategis yang disebut Nawacita yang digunakan sebagai landasan dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) ke-III," ujar Puan.

Karena itu, sasaran dan target dalam RPJMN ke-III ini ditetapkan sesuai kebijakan politik pembangunan pemerintah. Puan menyatakan, segala upaya pemerintah dalam mencapai semua agenda tersebut perlu didukung dari berbagai pihak.

"Ini dapat menciptakan kolaborasi kemitraan baru yang berprinsip gotong royong. Prinsip ini sudah lama dibangun para 'founding father' kita yang gotong royong membangun bangsa," tandas Puan. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini