Sukses

Jokowi Kunjungi Pasar di Serpong, Warga Keluhkan Harga Beras

Jokowi disambut Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Plt Gubernur Banten Rano Karno, dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Liputan6.com, Tangerang - Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Modern ‎BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Dia menyambangi beberapa kios sayur, buah, dan daging. Jokowi juga mengecek berbagai harga kebutuhan pokok.

Pantauan Liputan6.com, Senin (13/4/2015), Jokowi tiba di pasar tersebut pukul 08.15 WIB. Dengan mengenakan kemeja batik berwarna cokelat, Presiden langsung disambut Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Plt Gubernur Banten Rano Karno, dan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Jokowi bersama rombongan pejabat tersebut langsung memasuki pasar yang terlihat bersih untuk ukuran pasar tradisional.

Pedagang dan pembeli warga yang tengah beraktivitas di pasar itu langsung berhamburan mengerumuni Jokowi. Namun, karena ketatnya pengawalan Paspampres, warga hanya bisa menyalami dan mengambil foto dari sisi kanan dan kiri kios para pedagang.

Sambil bersalaman, Jokowi menghampiri beberapa kios sayuran dan buah-buahan. Kepada pedagang di beberapa kios itu, Jokowi menanyakan harga kebutuhan pokok apakah ada kenaikan atau tidak.

"Ini jual sayur-sayuran, ada yang naik ndak? Harganya bagaimana?" tanya Jokowi.

"Ada Pak, beberapa tapi nggak banyak Pak, Alhamdulillah stabil, tapi beras ya Pak, harganya naik," kata pedagang sayur itu.

Mendengar keluhan itu, Jokowi berjanji akan segera mengatasinya.

Jokowi Beli Rambutan dan Jambu Biji

Setelah menyambangi kios penjual sayur, Jokowi kemudian melanjutkan pengecekan ke beberapa kios lainnya, salah satunya kios penjual buah-buahan. Di salah satu kios, Jokowi sempat membeli beberapa ikat rambutan dan sekantong jambu biji.

"Ini saya ambil rambutannya, sama ini ya," kata Jokowi sambil mengambil 3 ikat rambutan dan beberapa buah jambu biji.

Momen bertemu dengan Presiden itu pun dimanfaatkan oleh pedagang di kios tersebut. ‎Pedagang yang diketahui bernama Pono itu mengeluhkan kualitas beras Bulog yang menurutnya kurang baik.

"Ini Pak, beras nya naik dari Rp 5.200 jadi Rp 5.800, kualitasnya juga kurang bagus pak," kata Pono kepada Jokowi.

"Beras apa yang kamu bilang?" tanya Jokowi. "Beras Bulog Pak, sudah harganya naik tapi banyak hitam-hitamnya Pak," kata Pono.

Mendengar keluhan Pono, Jokowi berjanji akan memperbaiki kualitas beras Bulog yang dimaksud oleh Pono. "Iya, nanti ditingkat (kualitasnya)," ucap Jokowi.

Setelah mengecek kios buah, Jokowi melanjutkan blusukannya ke kios yang menjual ayam dan daging sapi. Di jajaran kios itu, Jokowi juga sempat bertanya mengenai harga daging sapi dan ayam saat ini ke beberapa pedagang.

Setelah blusukan ke pasar, Jokowi akan melanjutkan kunjungannya ke Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan untuk menghadiri National Innovation Forum 2015. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini