Sukses

90 WNI dari Yaman Direncanakan Tiba di Tanah Air Pagi Ini

Sebanyak 90 WNI yang dievakuasi dari Yaman direncanakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pagi ini, Senin sekitar pukul 10.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 90 WNI yang dievakuasi dari Yaman direncanakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pagi ini, Senin (13/4/2015) sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka dievakuasi dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400 milik TNI Angkatan Udara.

"Kedatangan mereka direncanakan akan disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko," demikian keterangan dari Kementerian Luar Negeri yang dilansir di laman kemlu.go.id, Minggu kemarin.

Sedangkan Selasa besok, sebanyak 360 WNI dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, pukul 10.00 WIB menggunakan charter flight.

Operasi evakuasi Yaman melibatkan 5 Perwakilan RI yaitu KBRI Sana’a, KBRI Riyadh, KBRI Muscat, KBRI Addis Ababa yang merangkap Djibouti dan KJRI Jeddah.

Hingga kini, masih terdapat sejumlah WNI yang berada diberbagai penampungan/safe house dan menunggu evakuasi selanjutnya dengan rincian di Sana’a 58 orang, Hudaydah 37 orang, Tarim 423 orang, Mukalla 260 orang, dan Aden 111 orang.

Pemerintah Indonesia terus meminta agar seluruh WNI di Yaman bersedia untuk dievakuasi selama masih memungkinkan dan sebelum situasi semakin memburuk. Pemerintah juga meminta keluarga WNI yang ada di Indonesia mendorong keluarganya di Yaman untuk bersedia dievakuasi. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini