Sukses

Kongres IV PDIP Dianggap Sukses Jika...

Selain memilih pengurus baru, PDIP juga diharapkan bisa menegaskan relasi partai moncong putih dengan Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres IV PDIP usai digelar di Bali. Kesuksesan kongres itu dinilai akan berhasil jika partai dapat memastikan pemerintahan Jokowi-JK untuk menerapkan Trisakti serta strategi Nawacita.

Hal itu diungkapkan pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Padjadjaran, Muradi. Dia menilai, selain memilih pengurus baru, PDIP juga bisa menegaskan relasi partai moncong putih dengan Presiden Joko Widodo.

"Penegasan ini penting agar pengurus baru PDIP juga berkewajiban untuk menjaga relasi dengan pemerintah dapat semakin efektif," kata Muradi di Jakarta, Minggu (12/4/2015).

Dia menyatakan, langkah ini menjadi penting bagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menegaskan terminologi 'Petugas Partai' dalam pidato pembukaan dan penutupan kongres.

"Petugas partai lebih pada penegasan kader-kader partai yang menduduki jabatan strategis di pemerintahan, baik eksekutif maupun legislatif, untuk bekerja dalam skema platform partai yang berbasis pada konstitusi," beber dia.

Menurut dia, terminologi 'Petugas Partai' adalah langkah untuk memastikan agar jalan Trisakti dan program Nawacita terimplementasi dalam setiap kebijakan yang dibuat Pemerintahan.

"Dan hal itu harus bersifat mengikat kader-kader partai yang menduduki jabatan strategis di pemerintahan baik eksekutif, legislatif maupun jabatan terkait lainnya," ujar Muradi.

Untuk mewujudkan itu, Muradi menilai perlu ada kontrol dan pengawasan agar setiap kebijakan dan platform partai dapat dijalankan. Ukuran monitoring partai terhadap kader yang disebut 'petugas partai' tersebut setidaknya berbasis pada dua cara.

Pertama, ucap Muradi, mengawal dalam bentuk substansi dan implementasi program. Pada cara ini kader PDIP tidak diharuskan ikut terlibat secara aktif dengan memperbanyak jabatan strategis untuk menyokong kinerja Presiden Jokowi.

"Hal ini sepenuhnya diserahkan pada kemampuan akselerasi politik dari Jokowi dalam memastikan program dan kebijakannya berbasis Trisakti dan Nawacita," ujar dia.

Yang kedua, PDIP memastikan agar jalan Trisakti dan Nawacita harus menjadi roh dan basis setiap pengambilan kebijakan dan program. Pada derajat tertentu, lanjut Muradi, cara ini perlu dilakukan PDIP untuk menekan dan menyokong secara ad hoc dengan membuat tim khusus. Tujuannya, agar Presiden Jokowi lebih memahami arah gerak platform partai dengan jalan Trisakti dan Nawacita.

"Dua cara tersebut pada akhirnya menjadi indikator dari keberhasilan pelaksanaan Kongres IV PDIP untuk mengelola dan memperbaiki relasi antara partai dengan kader-kadernya, khususnya dengan Presiden Jokowi," tandas Muradi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini