Sukses

Jurus Menteri Marwan Agar Kesejahteraan Dinikmati Warga Pelosok

Kesejahteraan itu, kata dia, dapat diwujudkan melalui pemerataan pembangunan di daerah terpencil.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar menilai pembangunan saat ini belum merata di Indonesia. Karena itu, dia mengaku punya cara agar kesejahteraan itu dapat dinikmati seluruh rakyat.

"Hal itu bisa kita wujudkan melalui program transmigrasi yang akan kita optimalkan pelaksanakannya," ujar Menteri Marwan di Jakarta, Minggu (12/4/2015).
 
Kesejahteraan itu, kata dia, dapat diwujudkan melalui pemerataan pembangunan di daerah terpencil. Dengan menempatkan penduduk secara permanen, pembangunan di wilayah itu akan kian mudah dilaksanakan.
 
"Program transmigrasi adalah solusi paling tepat, karena orang tidak hanya diajak pindah tapi diajak membangun wilayah baru itu menjadi aman dan nyaman dihuni, berkembang ekonominya, mampu memberikan kesejahteraan bagi keluarganya dan masyarakat wilayah sekitarnya," imbuh Menteri Marwan.

Menteri Marwan mencontohkan transmigran yang sukses menyulap daerah menjadi kawasan berkembang. Seperti di Mamuju, Sulawesi Barat, dan Tanjung Salor, Kalimantan Utara. Dua kota itu hadir berasal dari unit permukiman transmigrasi.

Penyelenggaraan transmigrasi, lanjut dia, berhasil menciptakan ribuan lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru. Manfaatnya pun dirasakan tak hanya oleh warga transmigran pendatang, tapi juga warga asli yang ikut bekerja.

"Sehingga kesejahteraan dapat dinikmati secara lebih merata oleh masyarakat di berbagai pelosok Tanah Air," tukas Menteri Marwan. (Ali)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.