Sukses

Bosscha Lembang Open House, Warga Antusias Meneropong Planet

Liputan6.com, Bandung - Astronomi termasuk bidang pengetahuan yang mengundang minat banyak orang. Lantaran itulah demi memperkenalkan astonomi kepada para peminatnya, pengelola Observatorium Bosscha Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menggelar open house.

"Kegiatan open house rutin ini akan dilakukan 4 hari dalam bulan April 2015, dan juga pada bulan-bulan berikutnya," kata peneliti Observatorium Bosscha, Evan Irawan di Bandung, Minggu (12/4/2015).

Ia menyebutkan, kunjungan selama April digelar pada 9-10 April, kemudian 23-24 April 2015 untuk umum.

Pada hari pertama kunjungan Kamis 9 April lalu, masyarakat sangat antusias memanfaatkannya, terutama pelajar. Evan mengatakan 240 orang dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi menghadiri acara ini.

Dalam acara ini, pengunjung bebas berkeliling di beberapa lokasi yang telah disiapkan Bosscha, salah satunya teropong Cassegrain Goto yang menjadi ikon Observatorium Bosscha.

"Selain itu pengunjung bisa berkeliling di ruang multimedia dan melihat langsung di teropong Bamberg dan dua teropong portabel," ucap dia.

Evan menambahkan, kunjungan kali ini memberi kesan baik karena langit Lembang sangat cerah, sehingga terlihat beberapa objek astronomi seperti bintang, Planet Venus, Planet Jupiter dan Nebula Orion.

Semua pengunjung boleh mengamati objek astronomi secara langsung lewat teropong Bamberg.

Observatorium Bosscha sengaja memilih musim kemarau pada April-Oktober agar para pengunjung dapat mengamati langsung lewat teropong. Jika hujan atau mendung, pengunjung tidak dapat meneropong objek astronomi apa pun. (Ant/Ans)

Artikel Selanjutnya
Yuk, Ikuti Indonesia International Education & Training Expo 2018
Artikel Selanjutnya
Heboh Meteor Meledak di Langit Michigan, Ini Kata NASA...