Sukses

Terduga Perekrut Anggota ISIS ke Suriah Dicokok di Petamburan

Robi diduga berperan dalam memfasilitasi keberangkatan WNI ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Terduga perekrut warga negara Indonesia (WNI) untuk bergabung dengan kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kembali diringkus. Kali ini Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap Robby Risa Putra atau Robi di Hotel Santika, Petamburan, Jakarta Barat.

Robi diduga sebagai teroris dan fasilitator WNI ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok ISIS.

"Pada Sabtu pukul 11.25 WIB, telah dilakukan penangkapan terhadap terduga teroris bernama Robi berumur 38 tahun," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divhumas Polri Kombes Rikwanto, melalui pesan singkat, Jakarta, Sabtu (11/4/2015) malam.

Robi diduga berperan dalam memfasilitasi keberangkatan WNI ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Saat mengamankan Robi, imbuh Rikwanto, tim Densus juga menyita beberapa barang bukti. Di antaranya SIM, KTP dan STNK atas nama Robby Risa Putra, bukti transfer senilai Rp 2 juta, kartu ATM Bank Mandiri dan BCA.

Bulan lalu, jajaran kepolisian dari Polda Metro Jaya dan juga Polresta Tangerang meringkus 5 tersangka yang diduga berperan aktif sebagai perekrut, membina, dan memberangkatkan relawan untuk menjadi anggota ISIS dari Indonesia ke Suriah dan Irak.

Tak hanya meringkus 5 terduga anggota ISIS, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya 9 handphone yang diduga dipergunakan sebagai alat komunikasi para tersangka. Kemudian, uang tunai senilai Rp 8 juta, US$ 5.300, dokumen surat seperti kelengkapan paspor, dan tiket, serta laptop dan hardisk eksternal. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.