Sukses

Palang Merah Internasional Kirim Alat Pemurni Air ke Yaman

Pesawat kargo pembawa bantuan Palang Merah Internasional berhasil mendarat di Yaman.

Liputan6.com, Sanaa - Pesawat kargo pembawa bantuan [Palang Merah]( 2208079 "") Internasional berhasil mendarat untuk kedua kalinya di ibukota Yaman, Sanaa. Di tengah pertempuran sengit antara kubu pemberontak Houthi dan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi.

"Kargo yang baru berbobot 35,6 ton. Dari jumlah itu, 32 ton merupakan bantuan obat-obatan dan sisanya alat pemurni air, generator listrik, dan tenda," kata juru bicara Palang Merah, Marie Claire Feghali, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (11/4/2015).

Sebelumnya, pada Jumat 10 April, Palang Merah telah mengirim pesawat yang mengangkut 16 ton obat-obatan dan peralatan bedah. Pada saat bersamaan, badan PBB untuk anak-anak (UNICEF) juga mengirim obat-obatan dan bahan makanan untuk 20 ribu anak-anak.

"Suplai yang kami bawa menentukan hidup dan mati bagi anak-anak dan keluarga mereka," kata pejabat UNICEF, Julien Harneis.

Koordinator kemanusiaan PBB untuk Yaman, Johannes van der Klaauw, telah menyerukan kepada semua pihak bertikai untuk melakukan gencatan senjata sehingga bantuan dapat disalurkan kepada warga sipil.

Sejauh ini, kata van der Klaauw, konflik telah menyebar ke 15 dari 22 provinsi di Yaman.

Kondisi paling parah terjadi di Aden. Di sana, pertempuran sengit kedua kubu berlangsung di sudut-sudut kota serta kendali bandara dan pelabuhan tiap hari berganti.

Akibat situasi itu, sedikitnya sejuta orang tidak bisa menerima pasokan air bersih dalam beberapa hari mendatang.

Badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan nyaris 650 orang tewas dan 2.200 lainnya cedera sejak 19 Maret. Namun, Van der Klaauw mengatakan jumlah itu amat mungkin jauh lebih tinggi, karena korban boleh jadi langsung dimakamkan dan banyak korban tidak dibawa ke rumah sakit. (Tnt/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini