Sukses

Penangkapan Adriansyah oleh KPK Saat Kongres PDIP Politis?

PDIP akan memberikan sanksi tegas jika ternyata kadernya terbukti melakukan tindakan melawan hukum.

Liputan6.com, Denpasar Politisi senior PDI Perjuangan Pramono Anung membenarkan orang yang tertangkap tangan oleh KPK di Bali adalah kader PDIP bernama Adriansyah. Bernuansa politiskah penangkapan itu karena bersamaan dengan digelarnya Kongres IV PDIP di Bali?

"Saya tidak mau prejudge. Yang jelas kalau tangkap tangan, kita memberikan apresiasi kepada KPK," ujar Pramono di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali Jumat (10/4/2015).

Mantan Wakil Ketua DPR ini bahkan menanggapi positif upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh lembaga yang kini dipimpin Taufiequrachman Ruki. Pramono bahakan meminta perkara tersebut terus ditindaklajuti sesuai dengan proses hukum yang ada.

"Penegakan hukum tetap harus dilakukan, sehingga kita tidak mikir apakah ini politis atau tidak, karena ini tangkap tangan, ya proses saja," kata Pramono.

Hal senada disampaikan politisi PDIP lainnya, Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah ini sepakat dengan proses hukum yang dilakukan KPK. PDIP akan memberikan sanksi tegas jika ternyata kadernya terbukti melakukan tindakan melawan hukum.

"Kalau itu tidak sesuai (dengan partai) ya apa boleh buat. Tentu akan kena tindakan keras dari partai," pungkas Ganjar.

Penyidik KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di kawasan Sanur, Bali, Kamis 9 April 2015 malam, terkait dugaan tindak pidana korupsi. Informasi yang dihimpun, ada beberapa orang yang diamankan dari hasil OTT itu. Termasuk salah satunya diduga anggota DPR.

Politisi senior PDIP Tjahjo Kumolo sebelumnya membenarkan adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap orang diduga kader partainya. Bahkan sudah mendapat informasi berupa nama. "Info yang saya dapat, Adriansyah dari Kalsel (Kalimantan Selatan), mantan 2 periode Bupati di Kalsel, mantan ketua DPD, yang sekarang anggota DPR RI Komisi IV," sebut Tjahjo melalui pesan singkat di Bali.

Selanjutnya Pramono Anung menyampaikan pembenaran. "Memang betul yang tertangkap tangan adalah Adriansyah, mantan Bupati Tanah Laut (Kalimantan Selatan) dua periode dan periode kemarin pernah menjadi Ketua DPD Kalsel." (Gen/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini