Sukses

Wapres AS: Kekuatan ISIS di Irak Melemah

"Sekarang ISIS kehilangan banyak wilayah yang dulu mereka kuasai."

Liputan6.com, Tikrit - Upaya pemerintah Irak memerangi kelompok ISIS mendapat apresiasi dari Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Ia pun memberikan penilaian positif terhadap langkah tersebut.

"ISIS mulai kehilangan momentum di Irak dan kemampuan mereka untuk bermanuver berkurang," ucap Biden dalam pidato di Universitas Pertahanan National di Washington DC, seperti dikutip dari BBC, Jumat (10/4/2015).

Menurutnya, ISIS juga tak bisa lagi memobilasi anggota sebanyak dulu.

"Dengan bantuan kita, Irak berhasil mencatat kemajuan penting di medan pertempuran. Delapan bulan lalu, ISIS melancarkan serangan di mana-mana. Tidak ada kekuatan di Irak atau Suriah yang mampu menghadang mereka," kata Biden.

"Tapi sekarang ISIS kehilangan banyak wilayah yang dulu mereka kuasai. Momentum ISIS di Irak bisa dihentikan," tambah dia.

Namun Wapres Biden mengakui perang melawan ISIS adalah perang jangka panjang, dan mendesak para pemimpin Irak untuk tetap fokus dan tidak kehilangan arah.

"Seluruh dunia, (negara-negara) di seluruh kawasan mengamati dari dekat situasi ini. Upaya para pemimpin Irak jangan berkurang ... dan itu antara lain tergantung dengan perdana menteri, tapi tentunya tidak hanya perdana menteri. Semua pemimpin Irak harus bersatu," ucap Biden.

Pidato tentang ISIS di Irak disampaikan Biden menjelang kedatangan Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi ke Washington pekan depan. Ia dijadwalkan bertemu Presiden Barack Obama. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini