Sukses

Mortir Peninggalan Perang Dunia II Bikin Geger Warga Serang

Amunisi aktif tersebut ditemukan dan kemudian di angkat ke permukaan saat sejumlah kapal melakukan pembersihan jalur laut Bojonegara.

Liputan6.com, Serang - Kampung Sumur Ranja, Desa Pulo Ampel, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, digegerkan dengan penemuan ratusan mortir aktif. Mortir-mortir tersebut diduga peninggalan Perang Dunia ke II.

"Kita mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di areal dock yang berada di Bojonegara. Ada benda-benda yang dimungkinkan mirip peluru," kata Dirpolair Polda Banten, Kombes Pol Imam Thobroni di Serang, Banten, Kamis 9 April 2015.

"Setelah dilakukan pengecekan ternyata benar, itu adalah proyektil dan selongsong meriam," imbuh dia.

Dia mengatakan, barang-barang temuan tersebut, yakni 6 mortir, 8 proyektil besar, 3 proyektil sedang, 6 selongsong, dan 210 peluru broning.

Amunisi aktif tersebut ditemukan dan kemudian di angkat ke permukaan saat sejumlah kapal melakukan pembersihan jalur laut Bojonegara guna kepentingan navigasi kapal.

Peluru aktif tersebut diduga berasal dari kapal perang USS Houston milik United States Navy dan HMAS Perth milik Royal Australian Navy yang tenggelam di Perairan Selat Sunda pada 1942.

"Kita mungkinkan amunisi ini masih aktif. Untuk itu kita lakukan upaya-upaya, seperti police line, juga oleh TKP. Jangan sampai nanti ini dilakukan hal-hal tindakan yang tidak semestinya, sehingga menyebabkan hal yang fatal," ujar dia.

"Kita akan pelajari, jika barang tersebut barang cagar budaya maka bisa masuk dalam pasal pencurian. kita lihat apa ada unsur kesengajaan atau unsur kelalaian dan lain sebagainya akan kita lihat lagi," pungkas Imam. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini