Sukses

Langit Halim Perdanakusuma 'Diserbu' Atraksi Pesawat

Tepuk tangan penonton langsung pecah. Kegembiraan penonton semakin bertambah setelah Pesawat Golden Eagle T-50i unjuk kebolehan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski kawasan Jakarta Timur dirundung cuaca mendung sejak pagi, namun perayaan HUT TNI AU ke-69 tetap berlangsung meriah. Ribuan warga berkumpul di pinggir Taxy Way Echo Landasan Udara Halim Perdanakusuma pada Kamis (9/4/2015).

Kebanyakan dari mereka ingin menonton pesawat-pesawat andalan TNI AU bermanuver di udara. Sebagai pembuka atraksi udara, 69 penerjun payung terjun bebas menghiasi langit Halim Perdanakusuma pada pukul 09.00 WIB.

Setelah salah satu penerjun yang membawa sang saka merah putih sampai di landasan target, yaitu di depan podium inspektur upacara, 6 Pesawat CN-295 dari skuadron 2 melintas dengan posisi sejajar di hadapan para penonton.

Tepuk tangan penonton langsung pecah. Suasana jadi riuh. Kegembiraan penonton semakin bertambah setelah Pesawat Hercules C-130 dari skuadron 31 datang beraksi.

Euphoria penonton semakin terasa saat Pesawat Golden Eagle T-50i unjuk kebolehan. Pesawat itu melakukan 9 manuver udara seperti roll flight (terbang horizontal), loop (terbang vertikal), cloverleaf dan inverted (terbang dengan posisi pesawat terbalik), immelman (berbelok), highspeed (terbang dengan kecepatan tinggi), lowspeed (terbang dengan kecepatan rendah), knife (terbangan memotong), dan lowfast high speed (terbang rendah dengan kecepatan tinggi).

"Hadirin sekalian, beri tepuk tangan kepada Golden Eagle T-50i," kata narator acara di Taxy Way Skuadron 2 Lanud Halim Perdanakusuma.

"Pesawat diterbangkan oleh Letnan Kolonel Marda, komandan Skuadron Udara 15," sambung narator.

Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengatakan, atraksi ini merupakan yang pertama bagi Golden Eagle ikut memeriahkan HUT TNI AU.

Setelah itu, 6 pesawat KT Wong Be yang populer dengan sebutan Pesawat Jupiter, menari di udara diiringi lagu 'Bendera' milik Band Cokelat. Seperti atraksi-atraksi sebelumnya, penampilan pesawat aerobatik Jupiter menjadi puncak kemeriahan sekaligus penutup acara.

Perayaan HUT TNI AU ke-69 ini tidak dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko. Disebutkan, Panglima Moeldoko absen karena tengah pergi ke luar negeri. Tugasnya sebagai inspektur upacara pun diambil alih oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna.

Acara ini diikuti 2.410 personel yang terbagi dalam dua brigade. Brigade pertama terdiri dari 4 batalyon yaitu 1 batalyon Perwira Menengah Gabungan, 1 batalyon Perwira Pertama, 1 batalyon gabungan Taruna AU, Wanita Tentara, Polisi Militer Angkatan Udara dan batalyon Air Crew.

Salah satu warga bernama Evlyn (21), sengaja datang menyaksikan atraksi pesawat meskipun dia baru pulang piket malam dan belum ke rumah. "Penasaran sama demo flying passnya. Sebelum pulang, mau nonton ini dulu," ujar Evlyn yang bekerja sebagai staf Aviation Security (Avsec) di Bandara Halim Perdanakusuma. Dia pun langsung melemparkan pandangan ke langit, menonton atraksi udara. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini