Sukses

Wagub DKI Djarot: Absen di Kongres PDIP, Ahok Titip Salam

Ketidakhadiran Ahok di Kongres IV PDIP di Sanur, Bali, dipertegas dengan alasan agar Ibukota negara itu tak kosong pemimpin.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak tokoh, termasuk Presiden Jokowi akan menghadiri pembukaan Kongres IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Bali. Namun Gubernur DKI Jakarta Ahok yang selama ini dikenal dekat dengan kader-kader PDIP justru absen.

Kepastian ketidakhadiran pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Ketidakhadiran Ahok dipertegas dengan alasan agar Ibukota negara itu tak kosong pemimpin.

"Dia (Ahok) kirim salam supaya disampaikan dengan Ibu Megawati, beliau (Ahok) titip salam agar kongres berjalan aman. Ya, kalau Ahok juga datang, kosong kan DKI. Masa dua-duanya dikosongkan. Satu-satu aja, jangan semuanya," ujar Djarot yang notabene kader partai berlambang banteng moncong putih di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur Bali, Kamis (9/4/2015).

Di sisi lain, Djarot menegaskan sudah mengambil cuti untuk hadir ke dalam acara lima tahunan PDIP itu.

"Saya juga ketua DPP partai, jadinya saya hadir. Juga sebagai kader yang baik," tukas Djarot.

Saat ditanya bagaimana jalannya Kongres PDIP nanti, Djarot mengatakan akan dipenuhi dengan pembicaraan program dan bukan mengenai kepengurusan.

"Kalau ketua umum kan sudah jelas Ibu Megawati, di mana dari bawah hingga ke atas. Soal kepengurusan juga hak prerogatif beliau. Karena itu, fokus kongres kali ini, fokus pada program," pungkas Djarot.

Kongres IV PDIP rencananya akan dibuka Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hari ini. Kongres akan digelar di Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali sejak Kamis 9 April hingga Minggu 12 April mendatang.

Namun PDIP hanya mengundang partai pendukung Presiden Jokowi. Jadi, partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP), tidak diundang dalam perhelatan 5 tahunan PDIP itu.

"Kami tidak mengundang partai yang tidak mendukung pemerintahan Jokowi-JK," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sanur, Bali, Rabu 8 April 2015. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.