Sukses

PDIP Dinilai Beruntung Miliki Megawati

Kehadiran Mega dianggap mampu menegakkan disiplin dan penguatan ideologi partai di tubuh PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres PDIP yang digelar pada 9-12 April 2015 di Sanur, Bali dipercaya dapat memenangkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum. Sosok Mega dinilai mampu menyatukan PDIP dan membawa partai tersebut meraih kemenangan seperti kala Pemilu Legislatif 2014 lalu.

"Untuk kursi ketua umum mungkin secara aklamasi akan menetapkan kembali Megawati Soekarnoputri," ujar pengajar ilmu politik dari Universitas Airlangga Haryadi di Jakarta, Rabu (8/4/2015).‎

"Tapi gesekan kepentingan untuk memperebutkan tampuk kepengurusan di jajaran bawahnya cukup keras," imbuh dia.

Menurut Haryadi, kehadiran Mega mampu menegakkan disiplin dan penguatan ideologi partai. Sosoknya juga mampu menghadirkan kepemimpinan partai yang kuat, ditakuti, dan sekaligus dicintai oleh kader serta simpatisannya.

"PDIP beruntung memiliki figur kepemimpinan Megawati Soekarnoputri," ujar dia.

"Oleh sebab itu, salah satu hal urgent yang patut menjadi perhatian PDIP dalam kongres di Bali besok adalah konsolidasi diri," ucap Haryadi.

PDIP akan menggelar Kongres IV selama 4 hari pada 9-12 April 2015. Pagelaran yang berlangsung di Hotel Inna Grand Bali itu diperkirakan bakal menelan dana sekitar Rp 7 miliar. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini