Sukses

Tim Aerobatik Jupiter Siap Meriahkan Peringatan HUT Ke-69 TNI AU

Kegesitan pesawat Sukhoi dan Hawk tidak ditampilkan dalam peringatan HUT ke-69 TNI AU. Jupiter Aerobatic Team akan jadi penampil utama.

Liputan6.com, Jakarta - Geladi bersih upacara peringatan HUT ke-69 TNI Angkatan Udara digelar di Taxy Way Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Upacara yang berlangsung sejak pukul 07.00 hingga 10.00 WIB tersebut dipimpin Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna.

"Baru saja kita saksikan geladi bersih, mulai dari urutan-urutan acaranya," kata Agus di Skuadron 2 Pangkalan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/4/2015).

Pantauan Liputan6.com, geladi bersih ini antara lain diikuti 6 unit pesawat CN 295, 8 unit Hercules C-130, 6 unit F-16 Fighting Falcon, 8 pesawat Golden Eagle T-50i dan 6 pesawat aerobatik Jupiter.

Namun, kegesitan pesawat Sukhoi dan Hawk yang juga menjadi kebanggaan TNI AU tidak terlihat hingga akhir geladi bersih. Agus menerangkan, tahun ini 2 jenis pesawat tempur itu memang sengaja tak dihadirkan.

"Pada kali ini kita tak melibatkan Sukhoi dan Hawk karena sedang bertugas di wilayah masing-masing. Yang tadi ditampilkan pesawat transpor TNI AU dan tim kebanggaan Jupiter Aerobatic Team," terang dia.

Selain demo pesawat, penampilan tim drumband TNI AU ikut menyemarakkan geladi bersih. Begitu pula dengan tim Detasemen Bravo Kopaskhas yang unjuk gigi dalam simulasi penyelamatan sandera.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan, puncak peringatan HUT TNI AU akan digelar pada Kamis 9 April 2015 dan akan dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.