Sukses

Heboh Penampakan 'Cincin Hitam' di Langit Kazakhstan, Jejak UFO?

"Terlihat seperti awan hitam. Kami melihatnya di sekitar pukul 16.00 pada 3 April . Lalu hilang seperti asap, tapi tak ada bau sama sekali".

Liputan6.com, Astana - Penduduk Kazakhstan dihebohkan dengan penampakan menyerupai 'cincin hitam' misterius, di langit tempat tinggal mereka pada 3 April 2015 sore. Panjang lingkaran itu 100 meter.

Warga setempat meyakini, bulatan hitam misterius di langit kala itu adalah jejak Unidentified Flying Object (UFO) yang melintas.

Dalam rekaman video berdurasi 15 menit di Desa Shortandy, 40 km sebelah utara ibukota Astana, lingkaran berwarna hitam itu memang terlihat melayang di langit. Sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak secara perlahan.



Sejak diunggah ke YouTube, video tersebut telah dilihat lebih dari 50 ribu kali. Berbagai spekulasi tentang fenomena aneh di langit Kazakhstan itu pun bermunculan. Banyak dari warga di sana meyakini bahwa itu adalah bukti adanya kehidupan makhluk di luar Bumi atau ekstrateresterial.

"Terlihat seperti awan hitam. Kami melihatnya di sekitar pukul 16.00 pada 3 April. Lalu hilang seperti asap, tapi tak ada bau sama sekali," ucap warga bernama Oleg Menshikov kepada Today.kz seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (7/4/2015).

Sementara para pengguna YouTube mulai mempertanyakan apakah lingkaran hitam tebal itu memang benar pesawat ruang angkasa yang ditumpangi alien. Sedangkan lainnya menduga itu mungkin hanya asap rokok yang terekam kamera, tetapi disebut-sebut terjadi di langit.

Lainnya berpikir awan itu mungkin fenomena naiknya massa udara hangat yang dikenal sebagai thermal microburst.

Menanggapi fenomena itu, beberapa ahli percaya bahwa awan hitam itu memang memiliki diameter 100 meter dan melayang sejauh satu mil di udara. Bukan sekedar hembusan asap rokok.

Namun, anggapan 'cincin hitam' misterius itu adalah kendaraan alien dibantah oleh Andrey Solodovnik, dosen fisika di Northern Kazakhstan State University.

"Awan serupa terlihat di langit dalam beberapa tahun terakhir, lingkaran hitam raksasa itu mungkin dipicu akibat asap pembakaran di pabrik-pabrik di dekatnya," jelas Solodovnik Kepada Russia Today.

Ada banyak mesin industri yang diketahui menimbulkan awan berbentuk cincin asap, meskipun biasanya berwarna lebih terang dan lenyap hanya dalam hitungan 1 atau 2 menit.

Mungkin saja, pada kasus ini, cuaca di Kazakhstan sedang berawan dan tak berangin. Sehingga 'cincin hitam' misterius itu melayang lebih lama di udara. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.