Sukses

Komjen Budi Gunawan Didukung Jadi Wakapolri

Sekjen Nasdem Rio Capella menilai, Komjen Budi Gunawan layak menjadi Wakapolri, karena sebelumnya juga dicalonkan Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membatalkan pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri dan menggantinya dengan Komjen Pol Badrodin Haiti. Namun beredar wacana, Budi Gunawan akan dijadikan Wakapolri.

"Yang penting Kapolri dulu. Nanti siapa wakapolrinya terserah Wanjakti," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/4/2015) malam. Namun Anton tidak memungkiri, saat ini calon terkuat Wakapolri adalah Budi Gunawan.

Kabag Penum Polri Kombes Pol Rikwanto mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan siapa yang akan menjadi wakapolri. Tak terkecuali Budi Gunawan.

"Boleh saja, namanya pendapat dan pemikiran orang kan boleh saja. Serta pihak-pihak yang dipasangkan punya hak, itu tidak masalah," tutup Rikwanto.

Layak Jadi Wakapolri

Jokowi bersama DPR sudah mengadakan rapat konsultasi, salah satunya membahas pencalonan Kapolri. Partai Nasdem berharap dalam sepekan ke depan sudah ada Kapolri definitif.

"Harapan kita bahwa dengan ini (pertemuan kemarin) diharapkan dalam minggu depan kita punya Kapolri yang baru," ujar Sekjen Nasdem Rio Capella saar dihubungi, Selasa pagi.

Terkait posisi Budi Gunawan yang sudah tidak menjadi tersangka KPK, anggota Komisi III itu mewacanakan perwira Polri yang akrab disapa BG itu akan menjadi Wakapolri.

Pemikiran ini sejalan dengan ucapan Wakil Ketua Tim Sembilan Jimmly Asshiddiqie yang bertemu pimpinan DPR Senin kemarin.
"Kita harapkan Wakapolri juga segera diisi, persoalannya kan siapa calon Wakapolrinya?"

"Nah, Budi Gunawan kan pernah dilakukan fit and proper test sebagai Kapolri, secara kompetensi dia layak. Jadi Kapolri saja dia layak apalagi Wakapolri," sambung Rio.

Menurut Rio dengan menaruh Budi Gunawan sebagai Wakapolri, kondisi internal Polri menjadi lebih baik. Sebab, BG juga sudah menerima pencalonan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

"Kita melihat kalau Budi Gunawan sudah legowo dia menerima dengan proses ini. Kalau Pak Budi kemudian diusulkan sebagai Wakapolri, suasana akan jadi lebih baik di kalangan internal Polri," kata dia.

Rio yakin, mayoritas fraksi DPR akan setuju usulan Budi Gunawan menjadi Wakapolri. "Saya kira di kalangan KIH (Koalisi Indonesia Hebat) sudah sepakat. Tidak hanya KIH, saya pikir mayoritas fraksi di DPR," kata dia.

Menurut Rio, Presiden belum melaporkan Budi Gunawan sebagai wakapolri kepada pimpinan DPR. "Penjelasan kemarin tidak ada kaitannya Budi Gunawan menjadi Wakapolri, hanya ditegaskan pembatalan Budi. Belum kita sampaikan usulan Budi menjadi Wakapolri," pungkas Rio. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini