Sukses

Debu Vulkanik Sinabung Ancam Kesehatan Siswa SD Tanah Karo

Sejumlah desa di sekitar kaki Gunung Sinabung hingga saat ini masih diselimuti debu vulkanik yang tebal.

Liputan6.com, Tanah Karo - Sejumlah desa disekitar Gunung Sinabung hingga saat ini masih diselimuti debu vulkanik. Tak terkecuali halaman SD Negeri Satu Atap 040483, Kecamatan Payung, Tanah Karo di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Meski begitu, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (7/4/2016), para murid di sekolah tersebut tetap bermain dengan ceria. Hanya nampak sebagian saja yang memakai masker agar tak mudah menghirup debu karena  serangan penyakit saluran pernapasan yang kerap mengancam kesehatan mereka.

Sekolah yang berjarak sekitar 6 kilometer dari Gunung Sinabung merupakan gabungan dari beberapa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang telah ditinggalkan warganya. Seperti Desa Guru Kinayan dan Desa Suka Meriah ini juga mulai mengalami kerusakan di bagian atap yang terus diterpa hujan debu vulkanik.

Dengan kondisi sekolah yang digabungkan tersebut, murid dan guru bergantian memakai gedung sekolah dengan jadwal masuk pagi dan siang.

Pihak sekolah berharap instansi pemerintah setempat memperhatikan kondisi ini dengan memberikan bantuan penyuluhan dan pemeriksaan medis terhadap murid juga perbaikan gedung sekolah agar para murid bisa sekolah dengan nyaman dan menyerap pelajaran dengan  lebih baik. (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.