Sukses

Jadi Calon Kapolri, Badrodin Akan Jalani Fit and Poper Test

Jika kelak lulus uji kelayakan dan kepatutan, maka Komjen Pol Badrodin Haiti akan segera dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri baru.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat konsultasi antara Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan pimpinan DPR RI terkait pencalonan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon tunggal Kapolri akhirnya membuahkan hasil.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (6/4/2015), setelah menunggu cukup lama, Komjen Badroddin akan segera menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan Komisi III DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, dari hasil pertemuan siang tadi hampir seluruh fraksi di DPR menyetujui pencalonan Badrodin Haiti sebagai Kapolri. DPR besok juga akan menggelar paripurna terkait pencalonan ini.

"Terkait Pak Badrodin Haiti sebagai calon baru Kapolri yang diajukan Presiden, saya yakin sebagian besar fraksi tidak ada masalah. Namun tetap harus mengikuti satu prosedur yang diambil. Besok akan kita bacakan di rapat paripurna, untuk menyerahkan tugas melaksanakan fit and proper test kepada Komisi III," ujar Fadli.

Sebelumnya, Jokowi sudah mengumumkan Badrodin sebagai calon Kapolri sejak 18 Februari lalu. Namun perjalanan Wakapolri itu untuk mendapat persetujuan DPR tidak berlangsung mulus. DPR saat itu memasuki masa reses.

Saat pencalonan Badrodin dibacakan dalam Sidang Paripurna DPR RI 23 Maret lalu, lagi-lagi ganjalan datang. Anggota Fraksi PDI Perjuangan bersuara meminta penjelasan soal batalnya pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan.

Jika kelak lulus uji kelayakan dan kepatutan, Komjen Pol Badrodin Haiti akan segera dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri baru. (Nfs/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.