Sukses

Survei: Nawacita Kalah Pamor dari Cita Citata

Meski mayoritas masyarakat tak memahami isi Nawacita, survei menunjukkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK cukup tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Program utama Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dikenal dengan Nawacita ternyata tak banyak dipahami substansinya oleh masyarakat. Berdasarkan survei Indo Barometer di 34 provinsi, sebanyak 88,3% dari 1.200 responden menyatakan tidak pernah mengetahui betul isi dari 9 program prioritas Jokowi tersebut.

"Hanya 11,3% dari 1.200 responden yang kami tanyai menjawab tahu Nawacita Pak Jokowi. Nawacita perlu dikenalkan juga dan Pak Jokowi jangan anti-sosialisasi," ujar Direktur Indo Barometer M Qodari dalam rilis survei lembaganya di Jakarta, Senin (6/4/2015).

Menurut dia, program Jokowi tersebut harus diperkenalkan secara terarah dan terukur, tidak bisa setengah-setengah. "Kalau nggak dikenalkan secara sistematis ya itu tadi, Cita Citata lebih dikenal daripada Nawacita," gurau dia sambil menyebut nama penyanyi dangdut yang tengah naik daun itu dengan lagu 'Sakitnya Tuh di Sini' dan goyang dumang.

Meski mayoritas masyarakat tak memahami isi Nawacita, hasil survei selanjutnya menunjukkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK cukup tinggi. Sebanyak 45,9% responden meyakini Jokowi beserta kabinetnya mampu merealisasikan 9 program pro-rakyatnya. Sementara yang tidak yakin hanya 10,8% responden.

"Nawacita ke-9 tentang memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial di Indonesia dinilai memuaskan, hasil survei menunjukan 65,75% responden puas," pungkas Qodari.

Survei dilakukan Indo Barometer pada 13-25 Maret 2015 di 34 provinsi dengan responden 1.200 orang dengan margin of error sebesar 3,0% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metodologi survei, responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan sosok yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuesioner.

9 Cita-cita...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

9 Cita-cita

9 Cita-cita

Nawacita memuat 9 program prioritas yang menjadi basis program pembangunan dalam kepemimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Berasal dari kata nawa yakni sembilan dan cita yakni tujuan. Berikut kesembilan cita-cita dalam Nawacita:

1. Menghadirkan kembali negara dan memberi rasa aman kepada seluruh warga negara.

2. Membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

3. Membangun Indonesia dari daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

4. Reformasi sistem penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

5. Meningkatkan kualitas hidup sumber daya manusia Indonesia.

6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

8. Melakukan revolusi karakter bangsa.

9. Memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

(Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.