Sukses

Hadiri Paripurna DPRD DKI, Ahok Bakal Dicecar Tentang 2 Hal Ini

Ahok akan membacakan Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) APBD 2014 seorang diri pada rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menyampaikan Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) APBD 2014 di hadapan anggota DPRD DKI Jakarta. Pada rapat paripurna ini, para anggota dewan akan menyoroti masalah kecilnya penyerapan anggaran Pemprov DKI Jakarta.

"Menurut saya, nanti yang paling menonjol yang akan disoroti soal penyerapan, paling kecil sepanjang sejarah DKI, di bawah 40% dari Rp 72,9 triliun itu APBD 2014," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik di kantornya, Jakarta, Senin (6/4/2015).

Hal kedua yang akan menjadi sorotan, sambung Taufik, adalah tidak tercapainya target pemasukan daerah. Pemprov DKI Jakarta justru mengalami defisit anggaran hingga Rp 20 triliun.

"Defisit Rp 20 triliun, duitnya dari mana, dari emaknya? Dari mana?" cetus politisi Partai Gerindra itu.

Taufik mengatakan, nilai APBD pada 2013 mencapai Rp 52,8 triliun. Bila dibandingkan dengan APBD 2014 yang senilai Rp 72,9 triliun, ada kenaikan anggaran sekitar Rp 20 triliun. Namun Taufik menyesalkan, kenaikan anggaran ini tak dibarengi dengan peningkatan kinerja aparatur pemerintahan.

"Gaya-gaya dia naikin Rp 20 triliun. Sejumlah itu dia naikin, sejumlah itu yang nggak bisa di-collect (kumpulkan). Kalau dia punya rencana naikin, harusnya kerja untuk naikin itu. Jadi hitungan 2013 yang bergerak 2014, artinya nggak realistis," ucap dia.

"Artinya nggak mateng, perencanaannya nggak mateng, masa Anda merencanakan, masa nggak masuk hasilnya," pungkas Taufik.

Paripurna DPRD DKI Jakarta hari ini akan digelar 2 kali. Rapat yang pertama diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB beragenda pembacaan LKPJ oleh Gubernur DKI Jakarta. Laporan itu nantinya akan dibahas di rapat komisi dan fraksi selama 2 minggu. Setelah itu, beberapa masukan dari DPRD akan disampaikan setelah rapat.

Agenda paripurna DPRD DKI Jakarta yang kedua yakni pembahasan hak angket atau investigasi terkait kesalahan prosedur APBD 2015. Rapat ini akan digelar pada pukul 15.00 WIB. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini