Sukses

Fidel Castro Kembali Tampil di Publik Setelah 14 Bulan Menghilang

Media resmi menunjukkan gambar Castro yang duduk dalam mobil dan berjabat tangan melalui jendela dengan pengunjung asal Venezuela.

Liputan6.com, Havana - Mantan Presiden Kuba Fidel Castro membuat penampilan publik pertamanya setelah 14 bulan tidak terlihat. Dia bertemu dengan delegasi pejabat Venezuela dalam sebuah misi solidaritas ke Kuba di sebuah sekolah di Havana.

Ikon revolusioner berusia 88 tahun itu digambarkan sebagai "penuh vitalitas" oleh wartawan lokal. Demikian dilansir BBC, Minggu (5/4/2015).

Castro terakhir kali terlihat tampil di depan umum pada Januari 2014 saat pembukaan Pusat Kebudayaan Havana yang disponsori salah satu seniman Kuba favoritnya, Alexis Leyva.

Kali ini, media resmi menunjukkan gambar Castro yang duduk dalam mobil dan berjabat tangan melalui jendela mobilnya dengan para pengunjung asal Venezuela. Dia mengenakan topi baseball dan jaket.

Sejak jatuhnya Uni Soviet, negara yang kaya akan minyak Venezuela telah menjadi sekutu terdekat Kuba.

Castro adalah teman dekat dari mantan presiden Venezuela Hugo Chavez, yang memastikan Kuba menerima minyak murah. Sebagai imbalannya, Kuba memberikan sekutunya penasihat, dokter, dan guru.

Fidel Castro mengundurkan diri sementara waktu karena sakit pada 2006 dan secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya pada 2008. Dia menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul (83).

Castro terkadang menulis kolom surat kabar dan menerima pejabat di rumah, tapi jarang muncul di depan umum. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.