Sukses

Gerhana Bulan Merah Darah, Planetarium Ramai Dikunjungi Warga

Menjelang gerhana bulan hari ini, Planetarium menyiapkan teleskop khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Planetarium di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat mulai ramai dikunjungi pengunjung sore hari tadi. Di tempat wisata yang cocok buat keluarga dan anak anak itu, digelar nonton bersama peristiwa gerhana bulan total merah darah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (4/4/2015), di tempat wisata yang menjadi tempat favorit bagi anak-anak sekolah itu juga disiapkan teleskop khusus. Agar pengunjung bisa menikmati fenomena yang juga dikenal dengan nama blood moon itu.

Gerhana bulan total hari ini sangat singkat, hanya akan berlangsung sekitar 5 menit. Menurut pihak Planetarium, gerhana bulan parsial akan mulai terlihat pada pukul 17.52 WIB kemudian pada pukul 18.55 WIB baru akan terjadi gerhana bulan total.

Setelah itu akan diikuti gerhana bulan parsial lagi pada pukul 19.02 WIB. Pada gerhana bulan total, bulan akan terlihat merah, karena cahaya matahari dibelokkan oleh atmosfer bumi.

Selain  menjadi tempat yang pas untuk menyaksikan gerhana bulan, Planetariun juga menyuguhkan banyak pengetahuan. Khususnya tentang dunia angkasa.

Mulai dari ilmu tentang bintang, planet, komet, hingga tata surya secara keseluruhan. Dan yang lebih mengagumkan, Anda akan diajak untuk menonton film mengenai benda-benda langit di ruang pertunjukan. (Vra/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.
    Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.

    Gerhana Bulan Total

  • Gerhana Bulan adalah fenomena alam berupa gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan.

    Gerhana Bulan

  • Planetarium