Sukses

Tjahjo Kumolo: Megawati Cermati Kader yang Layak Jadi Sekjen

Tjahjo Kumolo mengatakan, siapapun calon Sekjen PDIP, haruslah teruji dan mempunyai keinginan membesarkan partai.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Senior PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam Kongres IV PDIP akan ada perebutan kursi Sekretaris Jenderal. Syarat menjadi Sekjen yaitu harus memahami visi dan misi dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Saya yakin Ibu Megawati sudah mencermati nama-nama fungsi atau kader partai yang ada untuk jabatan Sekjen 5 tahun ke depan. Yang pasti beliau akan atau sudah lihat dan mencermati, baik (kader) yang sebagai petugas partai, sebagai anggota DPR, fungsi DPP selama ini atau fungsi DPD se-Indonesia atau Kepala Daerah yang merupakan kader PDIP terbaik," ujar Tjahjo Kumolo melalui pesan tertulis, Jumat (3/4/2015).

Saat ditanya siapa calon yang akan maju, pria yang telah melepas posisi Sekjen PDIP karena menjabat Menteri Dalam Negeri itu enggan mengungkap. Dia mengatakan, siapapun calonnya, haruslah teruji dan mempunyai keinginan membesarkan PDIP.

"...konsisten menjaga pancasila, UUD 45, NKRI, kemajemukan bangsa, dan mempertahankan komitmen untuk menjaga, mengembangkan, meneruskan dan memperjuangkan pemikiran Bung Karno dan pemikiran Ibu Megawati Soekarnoputri selama ini demi terwujudnya mengimplementasikan Trisakti di Indonesia dalam setiap pengambilan keputusan politik di Indonesia," kata dia.

Tjahjo Kumolo menegaskan, sebagaimana keputusan Rakernas di Semarang, Ketua Umum diberikan hak prerogatif antara lain menyusun fungsi DPP dan menetapkan Sekjen Partai. Bukan diatur tim formatur. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.