Sukses

Ada Gerhana Bulan Besok, Umat Islam Diimbau Salat Khusuf

Puncak Gerhana Bulan Total ini akan terjadi pada pukul 19.01 WIB dan selesai pada pukul 20.44

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana Bulan Total akan terjadi di wilayah Indonesia pada Sabtu 4 April 2015 yang bertepatan dengan 14 Jumadil Akhir 1436 H mulai pukul 17.15 WIB. Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Total ini.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Machasin mengatakan, puncak Gerhana Bulan Total ini akan pada pukul 19.01 WIB dan selesai pada pukul 20.44 WIB. Demikian ucap Machasin dalam laman kemenag.go.id, Jumat (3/4/2015).

Machasin mengatakan, sehubungan dengan gerhana itu, Kementerian Agama mengimbau umat Islam melakukan salat sunnah gerhana atau salat khusuf secara berjamaah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad. Umat Islam juga dianjurkan (sunnah muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu.

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah, dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya. (Ant/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.
    Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat sejajar.

    Gerhana Bulan Total

Video Terkini