Sukses

Libur Panjang, Kawasan Puncak, Bandung, dan Jalur Pantura Padat

Untuk mengurai kemacetan parah, Satuan Polres Bogor melakukan rekayasa lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki libur Paskah yang disambung dengan libur akhir pekan, warga beramai-ramai pergi berlibur. Ribuan kendaraan warga yang berasal dari berbagai daerah sudah mulai terlihat antre panjang memasuki pintu Tol Ciawi mengarah ke kawasan wisata jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (3/4/2015), antrean panjang dan penyempitan ruas jalan mengakibatkan kemacetan mulai dari dalam Tol Ciawi dan pintu karcis Tol Ciawi. Karena terjebak kemacetan, sejumlah pengendara bahkan sempat keluar dari kendaraannya.

Untuk mengurai kemacetan parah, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Bogor melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem buka tutup. Sistem 1 arah diberlakukan mulai dari arah Jakarta menuju ke kawasan Puncak. Kemacetan di jalur kawasan Puncak sudah terjadi mulai pukul 06.00 hingga mencapai 15 km.

Kemacetan parah hingga sepanjang 3 km juga terjadi di ruas Simpang Jomin dan Pantura. Para pengguna jalan harus menempuh waktu lebih dari 2 jam untuk sampai di gerbang Tol Cikampek.

Guna mengatasi kemacetan ini, polisi mengalihkan lalu lintas di Pertigaan Mutiara ke arah Pantura serta himbauan untuk menggunakan jalur tengah melalui Sadang, Subang, dan Cikamurang.

Sementara itu, arus kendaraan di ruas Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat juga terpantau padat. Meski demikian, kepadatan di ruas Tol Cipularang tidak sampai menimbulkan kemacetan parah.

Kendaraan didominasi mobil pribadi dengan pelat nomor Jakarta yang hendak berwisata ke wilayah Bandung dan sekitarnya. Selain ke kota Bandung, kendaraan juga ramai keluar menuju Gerbang Tol Ciganea, Jatiluhur. Diperkirakan kepadatan arus kendaraan di Tol Cipularang akan terjadi hingga sore hari. (Vra/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.