Sukses

Evakuasi WNI di Yaman, TNI AU Kirim Pesawat Boeing 737-400

Rencananya tim akan menjemput sekitar 200 lebih WNI yang berhasil dievakuasi ke tempat yang lebih aman untuk dipulangkan ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - TNI AU mengirimkan pesawat Boeing 737-400 untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) keluar dari Yaman. Keberangkatan tim evakuasi ini dilepas langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna beserta jajaran Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis malam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (2/4/2015), pesawat Boeing 737-400 yang mengangkut pasukan TNI ini akan menuju Yaman untuk mengevakuasi ratusan WNI yang sudah berada di lokasi yang kondusif.

Rencananya tim akan menjemput sekitar 200 lebih WNI yang berhasil dievakuasi ke tempat yang lebih aman dari daerah konflik untuk dipulangkan ke Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan tim gabungan Kemenlu, TNI, dan Polri untuk mengevakuasi WNI yang terjebak dalam situasi perang saudara di Yaman.

Hingga kini situasi keamanan di Ibukota Yaman, Sana'a, pasca-penggulingan kekuasaan oleh kelompok Al-Houthi belum mereda. Kondisi ini membuat warga sipil terancam termasuk ribuan warga negara asing dan WNI yang rata-rata sedang mengenyam pendidikan di sana.

Data dari Kementerian Luar Negeri menyebutkan, WNI yang berada di Yaman berjumlah 4.159 orang. Sebagian menjadi pelajar, mahasiswa dan buruh migran. (Nfs/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.