Sukses

Al Qaeda Bobol Penjara Yaman, Pemberontak Kuasai Pusat Kota Aden

Pertempuran berlanjut di daerah-daerah lain di Yaman, antara pemberontak dan pasukan pro-pemerintah.

Liputan6.com, Sanaa - Kondisi Yaman yang kian memanas dimanfaatkan oleh militan Al-Qaeda. Mereka menyerbu sebuah penjara di selatan negara itu pada Kamis waktu setempat, membobolnya dan membebaskan 300 tawanan.

Sementara pertempuran berlanjut di daerah-daerah lain di negeri itu, antara pemberontak dan pasukan pro-pemerintah.

"Khalid Batarfi, tokoh terkemuka Al-Qaeda di Semenanjung Arab, termasuk di antara orang-orang yang dibebaskan dari Penjara Al-Mukalla," kata para pejabat keamanan seperti dikutip dari VOA News, Kamis (2/4/2015).

Sementara itu, pemberontak Houthi berhasil memasuki Aden, kota pelabuhan yang merupakan kubu terakhir pendukung Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Hadi dilaporkan telah menuju Aden minggu lalu. Sementara Houthi terus mendesak ke selatan, mengakibatkan Arab Saudi dan sekutu-sekutunya melancarkan serangan udara untuk menghentikan laju pemberontak itu.

Organisasi HAM Human Rights Watch melaporkan pada Kamis ini, serangan-serangan udara awal minggu ini juga menewaskan sedikitnya 29 orang. Sehingga meningkatkan keprihatinan telah terjadinya pelanggaran etika perang.

Organisasi HAM itu juga menyerukan pasukan-pasukan yang terlibat dalam serangan udara itu agar melakukan investigasi, guna memastikan perlindungan terhadap warga sipil Yaman. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini