Sukses

Skenario TNI Selamatkan WNI di Yaman

Untuk evakuasi melalui jalur laut, TNI sudah bekerja sama dengan India. WNI akan dievakuasi melalui Pelabuhan Aden.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi sebagian Warga Negara Indonesia (WNI) dari Yaman. Namun masih banyak WNI yang terjebak dalam pertempuran yang tengah terjadi di negara tersebut.  

Guna menyelamatkan mereka, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan akan menerbangkan pasukannya ke Yaman, Kamis (2/4/2015) malam. Panglima TNI mengaku sudah menyiapkan strategi untuk misi penyelamatan tersebut.

Moeldoko menjelaskan, dalam misi penyelamatan akan ada beberapa tahap. Tahap awal, setelah mendengar perkembangan politik semakin memburuk, TNI langsung menyiapkan prajuritnya.

"Selanjutnya tahap persiapan, kami kirimkan dua perwira penerbang untuk melihat situasi, mengkalkulasi situasi, bagaimana kira-kira rencana embarkasi di sana," kata Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (2/4/2015).

Untuk tahap pertama pemberangkatan, TNI menerbangkan satu pasukan yang terdiri dari 16 prajurit bersama Kementarian Luar Negeri. Mereka berasal dari Kopassus, Kopaskhas, Denjaka, dan Kostrad. Penerbangan menggunakan Boeing 737-400 milik TNI AU.

"Ada 3 rencana evakuasi, dari Sanaa akan digeser ke perbatasan Arab Saudi. Intinya pesawat kita di sana mengangkut masyarakat Indonesia yang saat ini berada di lokasi-lokasi sana untuk diangkut keluar. Setelah itu, langsung dibawa pesawat komersial ke Indonesia," ungkap Moeldoko.

Untuk evakuasi melalui jalur laut, TNI sudah bekerja sama dengan India. WNI akan dievakuasi melalui Pelabuhan Aden, Yaman. "Dari Aden akan dibawa ke Djibouti. Kemudian dari Djibouti akan diangkut kembali dengan pesawat terbang. Itu kira-kira rencananya," tandas Moeldoko. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini