Sukses

Pesan Luhut Pandjaitan pada 4 Deputi yang Dilantiknya

Mereka yang dilantik adalah Yanuar Nugroho, Darmawan Prasodjo, Purbaya Yudhi Sadewa, dan Eko Sulistyo‎.‎

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kantor Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan melantik 4 Deputi Staf Kepresidenan di ruang ‎Auditorium Gedung III Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (2/4/2015)‎ pagi ini. Mereka dilantik setelah resmi mengantongi keputusan presiden atau keppres.

Mereka yang dilantik adalah Yanuar Nugroho, Darmawan Prasodjo, Purbaya Yudhi Sadewa, dan Eko Sulistyo‎.‎

Dalam pidato pelantikan, Luhut mengingatkan, para deputi dan staf khusus yang baru saja dilantik mempunyai tugas-tugas penting untuk mendukung pelaksanaan program-program pemerintah yang telah dicanangkan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Ia pun menjabarkan satu persatu tugas para deputinya itu.

"Pertama, dalam rangka memastikan program-program nasional yang dilaksanakan sesuai visi misi presiden. Kedua, menyelesaikan masalah secara konprehensif atas program prioritas nasional yang dalam pelaksanaannya mengalami hambatan. Ketiga, percepatan program-program prioritas nasional. Keempat, memantau kemajuan pelaksanaan program prioritas nasional," kata Luhut.

"Kemudian, Kelima pengelolaan isu-isu strategis. Keenam, pengelolaan isu strategis politik, dan desiminasi informasi dan Ketujuh, menyampaikan analisa data informasi strategis dalam rangka mendukung proses pengambilan keputusan," lanjut dia.

Luhut juga menekankan, sukses atau tidaknya ia memimpin lembaga staf kepresidenan, tergantung dari kinerja pada deputinya dalam memberikan kontribusi dan berbagai masukan kepadanya. ‎

"Fungsi kepala staf memberikan pertimbangan baik diminta atau tanpa diminta oleh panglimanya agar yang bersangkutan mampu mengambil keputusan optimal. Sukses atau tidaknya pengambilan keputusan panglima bergantung juga pada kepala staf dan jajaraannya mampu memberikan pertimbangan yg terbaik," kata Luhut. ‎
‎‎‎‎
Luhut berharap, para deputi dan staf khusus tersebut dapat mengemban tanggung jawab dan menjalankan tugas dengan baik, terlebih lembaga yang ia pimpin termasuk sebagai lembaga baru dalam struktur organisasi kenegaraan. ‎

"Saya berharap tanggung jawab berat itu Anda pikul dengan penuh tanggung jawab. Organisasi ini adalah organisasi yang baru dan saya harap saudara-saudara sekalian bisa membangun team work yang baik," kata dia.

Deputi I Bidang Monitoring dan Evaluasi dijabat Darmawan Prasodjo, Deputi II Bidang Pengelolaan Program Prioritas dijabat Yanuar Nugroho, Deputi III Bidang Pengelolaan Isu Strategi dipimpin Purbaya Yudhi Sadewa, dan Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dikomandoi Eko Sulistyo.

Mayjen Andogo Wiradi yang mengisi jabatan Deputi V Bidang Prediksi dan Analisis Informasi Strategis belum dilantik bersama dengan empat deputi lainnya.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, alasan belum dilantiknya Deputi V dikarenakan masih dalam proses pemasangan.  "Makanya, ‎dari 5 Deputi, baru 4 Deputi yang telah ada Keppresnya," kata Andi.

Luhut juga melantik staf khusus kepresidenan, yaitu Lambock V Nahattands yang sebelumnya pernah menjadi Sekretaris Mensesneg era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Atmadji Sumarkidjo yang dikenal sebagai orang dekat Luhut dan juga merupakan seorang wartawan senior. ‎(Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini