Sukses

Menteri Anies: UN Online Mudahkan Siswa Kerjakan Soal

Anies menyatakan, generasi Indonesia harus siap menghadapi perubahan zaman. Terutama pada era digital ini

Liputan6.com, Depok - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbud Dikdasmen) Anies Baswedan menyambangi Gedung SMA 1, Depok, Jawa Barat. Kedatangannya tersebut untuk memantau persiapan ujian nasional dengan menggunakan komputer yang diterapkan pada 2015.

Pantauan Liputan6.com, Anies yang mengenakan kemeja putih itu tampak akrab dengan siswa. Dia duduk di sebelahnya sambil menanyakan kendala yang dihadapi dalam mengerjakan soal UN.

Anies menyatakan, generasi Indonesia harus siap menghadapi perubahan zaman. Terutama pada era digital ini. Dengan sistem online, Anies yakin siswa akan semakin mudah dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional tersebut.  

"Memasuki era digital kita harus sudah mulai siap dalam perubahan, menggunakan internet secara online dan mengisi menggunakan komputer mempermudah siswa dalam mengerjakan soal ujian,"  ujar Anies di Depok, Kamis (2/4/2015).

Mantan rektor Universitas Paramadina ini juga menjamin tak ada pemadaman listrik saat ujian nasional digelar. Jika pemadaman terjadi, seluruh jawaban soal UN dipastikan sudah tersimpan dengan aman.

Sistem baru ini mendapat tanggapan dari salah seorang siswa. Herlina misalnya. Dia mengaku sudah siap menghadapi UN kendati berbeda dari sebelumnya.

"Meski mudah dalam proses pengerjaan namun harus fokus dalam membaca soal, lantaran sudah terbiasa membaca dari lembar kertas," ujar dia.

Ujian nasional akan digelar Senin 13 April 15 mendatang. Anies berharap ujian itu akan berjalan lancar di sekolah yang memiliki sistem online. Sedangkan sekolah yang belum siap, dapat menggunakan cara lama yaitu dengan menggunakan lembar kertas soal dan jawaban. (Ali/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.