Sukses

Ada 2 Orang Asing dalam Rombongan Evakuasi WNI dari Yaman

Di tengah suasana mencekam, 262 warga negara Indonesia berhasil dievakuasi dari Yaman.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah suasana mencekam, 262 warga negara Indonesia dievakuasi dari Yaman. Dipimpin Dubes RI Wajid Fauzi, mereka menempuh perjalanan darat selama 5 jam dari Al Hudaidah.

Ternyata tak hanya WNI dalam rombongan tersebut. Ada juga 2 warga negara asing asal Thailand. Permintaan evakuasi tersebut datang langsung dari Otoritas Negeri Gajah Putih.

"Selain WNI di dalam rombongan juga terdapat 2 orang warga negara Thailand," sebut keterangan pers Kementerian Luar Negeri kepada Liputan6.com, Kamis (2/4/2015).

"Kedua WN Thailand tersebut ikut serta dalam rombongan evakuasi WNI atas permintaan Kedutaan Thailand di Sanaa," sambung pernyataan tersebut.

Pada pagi ini, 262 berhasil dievakuasi dari Yaman melalui jalur darat.  "Suasana sangat mencekam tetapi kami terus menenangkan para WNI dan meminta semuanya untuk terus berdoa sepanjang 5 jam perjalanan dari Al Hudaidah," ujar Dubes RI untuk Yaman, Wajid Fauzi.

Evakuasi dari Yaman ke Arab Saudi melewati jalur Sanaa - Al Hudaidah - Tuwal - Jizan. Karena kondisi yang  tidak kondusif pengungsian tersebut dikawal langsung oleh Pasukan Khusus dari Militer Yaman.

Sebelum memutuskan memakai jalur darat pihak KBRI Sanaa sempat berpikir akan menggunakan jalur udara. Namun rencana memesan pesawat itu dibatalkan. Terlalu berisiko.

Kini, WNI yang berhasil dievakuasi dari Yaman berada Arab Saudi. Merekasegera akan dipulangkan ke Tanah Air. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.