Sukses

Tempuh Perjalanan Mencekam, 262 WNI Berhasil Keluar dari Yaman

Sepanjang 5 jam perjalanan dari Al Hudaidah, rombongan WNI yang menggunakan 6 bus terus berdoa.

Liputan6.com, Sanaa - Kabar baik datang dari Yaman. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berjumlah 262 orang dilaporkan berhasil keluar dari negara yang tengah bergejolak itu.

Evakuasi tersebut merupakan yang pertama sejak Arab Saudi dan sekutunya memutuskan menginvasi Yaman. Dalam evakuasi pertama itu, rombongan yang dipimpin langsung Dubes RI untuk Yaman Wajid Fauzi menggunakan jalur darat dan dikawal oleh Pasukan Khusus Militer Yaman.

Rombongan WNI itu dievakuasi menggunakan 6 bus. Untuk keluar dari Yaman menuju Kota Jizan di Arab Saudi, rombongan menempuh 5 jam perjalanan.

Dubes Wajid mengatakan, jalur perjalanan yang ditempuh adalah Sanaa - Al hudaidah - Tuwal - Jizan. Saat mereka berjalan keluar dari Yaman, keadaan negara tersebut sangat mengerikan.

"Suasana sangat mencekam tetapi kami terus menenangkan para WNI dan meminta semuanya untuk terus berdoa sepanjang 5 jam perjalanan dari Al Hudaidah," ujar Wajid dalam keterangan tertulis, Kamis (2/4/2015).

Sebelum memutuskan memakai jalur darat, pihak KBRI Sanaa sempat berpikir akan menggunakan jalur udara. Namun rencana memesan pesawat itu dibatalkan. Pembatalan ini, ujar Wajid, karena kondisi keamaman jalur udara di Yaman mengkhawatirkan. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini