Sukses

Jokowi Lantik Staf Luhut Pandjaitan Pagi Ini

Para deputi Staf Kepresidenan akan dilantik di Kantor Kementerian Sekretariat Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah secara resmi mengantongi keputusan presiden atau keppres, empat Deputi Staf Kepresidenan akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pagi ini. Empat nama yang dilantik tersebut, yaitu Yanuar Nugroho, Darmawan Prasodjo, Purbaya Yudhi Sadewa, dan Eko Sulistyo‎.

Berbeda dengan pelantikan para pejabat tinggi lainnya yang dilantik di Kompleks Istana Kepresidenan, para deputi Staf Kepresidenan akan dilantik di Kantor Kementerian Sekertariat Negara (Kemensesneg) tepatnya di Auditorium Gedung III Sekretariat Negara pada pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan, empat orang tersebut akan menjabat jabatan Deputi I sampai IV. Untuk Deputi I Bidang Monitoring dan Evaluasi dijabat oleh Darmawan Prasodjo.

Kemudian Deputi II Bidang Pengelolaan Program Prioritas Yanuar Nugroho, sedangkan Deputi III Bidang Pengelolaan Isu Strategi dipimpin Purbaya Yudhi Sadewa dan Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dikomandoi Eko Sulistyo.

Untuk jabatan Deputi V Bidang Prediksi dan Analisis Informasi Strategis yang sebelumnya disebut akan diisi oleh Mayjen Andogo Wiradi, ternyata masih belum akan dilantik bersama dengan empat deputi lainnya.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, alasan belum dilantiknya Deputi V dikarenakan masih dalam proses pemasangan. "Makanya, ‎dari 5 Deputi, baru 4 Deputi yang telah ada keppres-nya," papar Andi.

Menurut Andi, untuk posisi Deputi V saat ini masih dalam proses pemasangan dan masih dibahas oleh Sekretariat Kabinet, KemenPAN RB serta Komite Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena itu, Deputi V kemungkinan menyusul akan dilantik pekan depan setelah proses pembahasan rampung.

"Dirapatkan administratif antara Setkab, PAN RB, dan Komite ASN minggu lalu. Akan dibahas lagi minggu depan," jelas Andi Widjajanto.

Selain melantik Staf Kepresidenan, Jokowi juga akan melantik Staf Khusus Kepresidenan. Ada dua nama yang akan mengisi jabatan tersebut, mereka yaitu Lambock V Nahattands yang sebelumnya pernah menjadi Sekretaris Mensesneg era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Atmadji Sumarkidjo yang dikenal sebagai orang dekat Luhut Pandjaitan. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini