Sukses

Wantimpres Tutup Mulut Usai Temui Jokowi

Menurut Andi, Wantimpres dapat memberikan pertimbangan yang sifatnya perseorangan atau pun secara kolektif.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mendatangi Istana Kepresidenan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam kesempatan itu, seluruh anggota Wantimpres bertemu datang tanpa memberitahu maksud kedatangannya menemui Presiden.

Pantauan Liputan6.com, Saat memasuki area Istana Kepresidenan, jajaran Wantimpres yang diketuai oleh Sri Adiningsih masuk tanpa memberi keterangan apapun. Setelah lebih dari satu jam kemudian, seluruh anggota Wantimpres itu pun keluar dan juga enggan memberikan keterangan kepada para awak media.

Kedatangan jajaran Wantimpres biasanya datang menemui presiden untuk menyampaikan isu-isu strategis bersama dengan Presiden atau Wakil Presiden.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto mengatakan Wantimpres memang mempunyai hak untuk tidak membeberkan masukan dan pertimbangan yang diberikan kepada Presiden Jokowi, terlebih bila informasi dan masukannya yang diberikan mengangkut persoalan yang penting dan bersifat rahasia. "Aturannya itu bersifat tertutup rahasia," kata Andi, Rabu (1/4/2015).

Menurut Andi, Wantimpres dapat memberikan pertimbangan yang sifatnya perseorangan atau pun secara kolektif, ataupun pula didasarkan pada laporan dari lembaga atau masyarakat.‎" Namun mereka bisa menyampaikan itu secara tertutup," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.