Sukses

Urai Macet di Jakarta, Pemotor Dilarang Menyelip di Antara Mobil

Sementara kendaraan kecil diminta untuk melewati jalur kanan.

Liputan6.com, Jakarta - Belum ada cara yang benar-benar bisa mengurai kemacetan kronis Jakarta. Kini Polda Metro Jaya bakal menerapkan sistem kanalisasi kendaraan.

"Kami akan coba mengurai kemacetan, baik di jalan arteri, termasuk di jalan tol, mulai dari Cawang-Semanggi," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono saat memimpin apel Operasi Simpatik 2015 di Mapolda Metro Jaya Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Dia mengatakan, kendaraan besar akan diimbau untuk melintas di jalur kiri. Sementara kendaraan kecil diminta untuk melewati jalur kanan. "Kita coba besok pagi (Kamis 2 April 2015)," tutur dia.
 
Sementara itu di jalan umum, kata dia, pengendara motor akan diarahkan untuk melewati lajur kiri jalan. Mereka bakal dilarang melakukan manuver selap-selip, seperti yang sehari-hari terjadi.

Petugas, sambung dia, lalu akan membentangkan traffic cone atau kerucut lalu lintas dengan tali di sepanjang lajur motor. Hamparan traffic cone itu berfungsi sebagai pembatas dengan lajur mobil.

"Kedua, kita laksanakan kanalisasi untuk roda dua sebelah kiri dan mendirikan pos pantau untuk mengurai kemacetan," pungkas Unggung. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini