Sukses

Serangan Ulat Bulu Hitam Putih di Pohon Cendana NTT

Pestisida organik yang terbuat dari daun pepaya dan cabe rawit buatan ahli pertanian pun tak mempan membasmi hama ulat bulu itu.

Liputan6.com, Nusa Tenggara Timur - Daun pohon cendana yang tadinya rimbun kini meranggas akibat serangan hama ulat bulu dalam 1 pekan terakhir. Ulat bulu dengan panjang sekitar 4 hingga 5 cm bergaris hitam putih itu menggerogoti daun-daun muda pohon cendana di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (31/3/2015), puluhan tanaman cendana itu kini tinggal ranting dan batangnya saja. Pestisida organik yang terbuat dari daun pepaya dan cabe rawit buatan ahli pertanian pun tak mempan membasmi hama ulat bulu itu.

Tidak seperti ulat bulu lainnya, ulat bulu yang kini menyerang tanaman cendana itu memiliki daya gerak lebih cepat. Mereka juga membentuk sarang di beberapa tempat. Meski tak menyerang tanaman pangan, keberadaan ulat bulu yang masuk ke lingkungan kampus Universitas Timor (Unimor) cukup mengganggu.

Kini para analis Fakultas Pertanian Unimor sedang meneliti jenis ulat bulu yang menyerang tanaman cendana dan mencari pestisida yang ampuh agar hama ulat bulu tidak semakin menyebar. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.