Sukses

Alasan DPR Belum Fit and Proper Test Calon Kapolri Badrodin Haiti

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan alasan penundaan fit and proper test terhadap calon Kapolri Badrodin Haiti.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sudah sampai di tangan DPR. Namun begitu, fit and proper test belum juga dilakukan. Alhasil, hingga kini Polri belum memiliki Kapolri definitif.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan alasan penundaan fit and proper test tersebut. Menurut dia, penundaan itu lantaran pimpinan DPR saat ini tak lengkap.

"Karena pimpinan DPR belum berkumpul. Sekarang 3 pimpinan DPR berada d luar negeri," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (30/3/2015).

Menurut JK, uji kelayakan pada Badrodin baru dilakukan setelah pimpinan DPR kembali dari luar negeri dan melakukan rapat pimpinan. Setelah rapat tersebut, baru ditentukan kapan Badrodin 'berhadapan' dengan Komisi III DPR.

"Jadi mereka perlu rapat pimpinan. Saya dengar baru besok rapat pimpinan. Sehingga baru ditentukan kapan rapat Komisi III‎," ujar JK.

Nama Badrodin muncul setelah calon Kapolri sebelumnya Komjen Pol Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Anggota DPR, khususnya dari Koalisi Merah Putih (KMP) dan PDIP, mempertanyakan alasan penarikan nama Budi Gunawan setelah mantan ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri itu menang dalam praperadilan.

Politisi PKS Fahri Hamzah pun meminta pemerintah untuk memberikan penjelasan penarikan nama Budi Gunawan dan menggantinya dengan Badrodin Haiti. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jenderal Drs. Badrodin Haiti lahir di Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 24 Juli 1958
    Jenderal Drs. Badrodin Haiti lahir di Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 24 Juli 1958

    Badrodin Haiti

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • DPR RI